*DOA BUNDA TERCINTA*

Tuhanku jagalah Permata hatiku kala penjagaanku tak sampai padanya, karena Engkau Ya Allah Yang Maha Tahu dan Maha Menjaga*

Rabu, 30 Desember 2009

GURU YANG MAU DAN MAMPU MENGAJAR



SEBAGAI WUJUD INSTROSPEKSI DIRI ADA BEBERAPA SISWA YANG SAYA TANYAKAN MENGENAI ” GURU YANG MENYENANGKAN ”

Adakah diantara ANDA para GURU yang seperti harapan mereka??????
Kalau belum mari kita instrospeksi diri untuk ”Meningkatkan Mutu Pendidikan”

1. Gema Sutrisna kelas XI IPA.

Guruku Panutan Untuk Hidupku
Perkenalkan nama saya Gema Sutrisna kelas XI IPA di SMA Yappenda. Melihat kelas saya artinya saya sudah 10 tahun belajar di sekolah dengan beberapa guru yang berbeda. Rasanya BT habiskan kalau Guru yang mengajar di kelas itu tidak bisa kita terima ilmunya. Nah teman-teman mau tahu Guru yang meyenangkan versi saya (ini murni dari hati yah). Mungkin berbeda dengan teman-teman namun pendapat bolehkan beda.
Guru Yang Baik versi Gema
a. guru yang mengajar melihat kondisi siswa
Misalnya jika ada murid yang belum mengerti, lalu ia ajarkan materi tersebut dengan perlahan sehingga anak murid yang tidak mengerti dapat mengerti dengan baik apa yang guru ajarkan tersebut.
b. Guru yang dapat memberikan kesan yang menyenangkan disekolah. Disekolah ku ada yang dapat memberikan kesan yang baik dan menyenangkan yaitu guru agamaku. Karena ia dapat mengerti akan keadaan anak murid yang ada di sekolahku. Seperti saat ia berinteraksi dengan murid-muridnya dapat membuat murud iu senang walaupun murid yang tidak baik. Ia dapat mengerti keadaan murid yang tidak baik tersebut sehingga murid tersebut dapat berbuat baik. Misalnya murid yang tidak baik itu melakukan hal yang buruk seperti memukul sesama teman. Ia langsung mendekati anak murid dan bertanya dengan kata-kata yang baik secara perlahan sehingga anak murid itu bercerita kenapa anak murid tersebut memukul temannya dan memberikan saran yang baik sehingga anak murid yang memukul teman tersebut meminta maaf dengan teman yang ia pukul span class="fullpost">
dan dapat berteman dengan baik. Karena sikap guru agamaku tesebut yang dapat memberikan kesan yang baik dan menyenangkan bagi yang berada di dekatnya. Hal itulah yang membuatku menganggap guruku adalah panutan hidupku.
Bagaimana tema-teman guru yang baik versi aku? Bedakan dengan teman-teman, walau berbeda kita harus saling menghormati yah.

2. Shabrina Munawwaroh kelas XI IPB
Teman-teman namaku Shabrina Munawwaroh, aku sudah kelas XI IPB atau biasa disebut kelas Bahasa. Walau jarang sekolah-sekolah mempunyai kelas bahasa namun aku bangga bisa masuk kelas bahasa. Nah ini beberapa pendapatku mengenai guru yang menyenangkan, catat yah!
a.orangnya asyik, sehingga anak murid tidak segan kalau mengajak berbicara atau bercanda
b.menganggap muridnya seperti teman
c.tidak membosankan kalau sedang menjelaskan pelajaran
d.belajar sambil bermain,agar muridnya tidak bosan (maksudnya disipi dengan permainan agar tidak BT)
e.belajarnya santai tapi pasti, pasti masuk ilmunya gitu
f.tidak membuat muridnya tegang atau takut biar bertemu guru
g.diberi selingan lawakan biar tidak tegang
h.tidak pelit dengan nilai (misalnya kalau soal esay biar salah harus diberi nilai, kan kita sudah capek nulisnya)
i.sering masuk pada saat jam pelajaran (jangan ditinggal-tinggal apalagi ditinggal ngobrol)
j.mudah tersenyum (melihat senyum guru kan giman gitu...)
k.tidak memberikan tugas atau PR berlebihan (Kapan refresingnya kalau semua guru kasih tugas)
l.Menguasai IT (malukan kalau hari gini kalah dengan siswanya)
m.Selalu mempunyai ide-ide kreatif untuk mengajar (jadi siswanya akan berharap apalagi yah yang akan kita lakukan)
Itu pendapat saya yah, jadi kalau dirangkum guru yang baik dan menyenangkan itu adalah guru yang mengerti kondisi siswa serta menjadi kawan bukan lawan, serta selalu aktif serta kreatif. Oke..!
3. Nur Safitri kelas XI IPB
Saya Nur Safitri kelas XI IPB, saya punya pengalaman dengan beberapa guru, ada yang asyik, ada yang bikin sebel, ada yang dirindukan. Pokoknya bermacam karakter guru saya punya. Namun, saya tahu karena gurulah saya bisa tahu semua. Pendapat saya ini hanya ungkapan hati sebagai siswa semoga bermanfaat yah.
a.datang tepat waktu
b.tidak marah-marah tanpa sebab
c.bisa menjaga tutur katanya apabila di dalam kelas
d.menjelaskan pelajaran dengan jelas
e.menasehati apabila muridnya bersalah
f.bila ingin memberi tugas harus dijelaskan terlebih dahulu
g.menguasai materi yang ingin dipelajari
h. bisa dijadikan tempat untuk berkeluh kesah atau tempat curhat
i. tidak galak terhadap muridnya
4. Rosiana Tiara kelas XI IPB
Mungkin sama dengan teman-teman mengenai guru yang baik dan menyenangkan namun, bolehkan saya berbeda pendapat dengan teman-teman saya. Ini pendapat saya mengenai guru yang baik dan menyenangkan.
a.menjaga perkataan dengan baik
b.tidak kasar
c.tidak suka ”nyeletuk”
d.tidak pelit dengan nilai
e.bisa diajak bercanda walaupun tidak sering
f.bila menjelaskan pelajaran tidak terburu-buru
g.mudah tersenyum
h.jarang memberikan sanksi
i.datang tepat waktu
j.bisa dijadikan tempat untuk berkeluh kesah
5. Ariyo Marthin kelas XI IPA
Guru adalah Motivasi Menggapai Cita-cita
Menurut saya guru yang baik adalah :
a.guru yang mengajarkan kedisiplinan terhadap siswa,
b.mengajar dengan senang hati terhadap siswa
c.memberikan pengajaran materi pelajaran dengan jelas sehingga siswa pun dapat menerima pelajaran dengan baik.
Contohnya pada saat siswa sedang mengobrol, bercanda, bermain hp, tindakan guru yang baik adalah mendekati siswa tersebut memberi dia pengarahan apabila sang siswa tidak mengerti, menegur dengan jelas dan tegas dengan kedisiplinan.
Dan meskipun ada beberapa guru yang mengajar dengan baik terhadap siswa dan memberikan pelajaran dengan jelas ada juga guru dengan malas-malasan memberikan materi pelajaran yang tidak jelas dan memberikan tugas yang tidak sesuai kemampuan siswa dan dari situlah siswa pun jadi malas-malasan memperhatikan dan masa bodoh terhadap sang guru apabila guru sedang mengajar dan diberikan tuga ada pun kemalasan siswa belajar terhadap sang guru yaitu mengajar terlalu serius tidak ada canda dan tawa terus guru pan sangat galak dan tidak ada pendekatan terhadap murid. Contohnya guru yang mengajar dengan malas-malasan dan memberikan materi pelajaran yang tidak jelas adalah guru yang masuk kekelas hanya duduk memberikan penjelasan dan memberi tugas yang tidak kemampuan murid dan setelah semua diberikan sang guru pun langsung keluar dan setelah beberapa menit jam belajar selesai guru pun masuk dan berbicara apakah tugas kalian sudah selesai apabila sudah selesai kumpulkan bukunya dan langsung siapkan.menurut saya guru yang seperti itu adalah guru yang tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan membuat murid menjadi bermalas-malasan untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar