All With Bunda *Na*Ra (Kalian ada karena Aku ada!) Bunda selalu di hati dan menemani
Monday, July 14, 2008
KONTRAK MATA PELAJARAN
Tahun ajaran baru dimulai tahun 2008 - 2009 aku berkesempatan mengajar di kelas XI Bahasa mata pelajaran Sastra Indonesia. Karena sudah melaksanakan SKM (Sekolah Kategori Mandiri) maka setiap guru harus dan wajib membuat Kontrak Mata Pelajaran. Nah supaya tidak hilang dan berceceran apalagi ini tergolong baru, maka aku taruh di blog ini. Tadinya dibuat dalam format tabel. Tapi karena di blog nggak bisa maka yah apa adanyalah yang penting tersimpan aman.
YAYASAN PENDIDIKAN PENGAJARAN DEWASA
SEKOLAH MENENGAH UMUM
SMA YAPPENDA
Status : Terakreditasi “A” SK.No.Ma.000098/I/2005
Jl.Swasembada Timur V/10 Jakarta Utara
KONTRAK MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia
Kode Mata Pelajaran : SASI – 03 – 01 - 05
Pengajar : Dra. Seni Asiati
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan
Memahami penokohan, dialog, dan latar dalam pementasan drama
Kompetensi Dasar ke 1 ( SK 1 ) :
1.1 Mengidentifikasi penokohan, dialog, dan latar dalam pementasan drama
Indikator ( KD 1.1 ) :
1.1.1 Menentukan tokoh dan perannya dalam pementasan drama
1.1.2 Menyimpulkan sifat tokoh berdasarkan dialog tokoh dalam pementasan drama drama disertai alasannya
1.1.3 Menentukan latar dan fungsi latar dalam pementasan drama
Kompetensi Dasar ke 2 ( SK 1 ) :
1.2 Menganalisis kesesuaian penokohan, dialog, dan latar dalam pementasan drama
Indikator ( KD 1.2 ) :
1.2.1 Menganalisis kesesuaian penokohan dengan isi cerita dalam pementasan drama
1.2.2 Menganalisis kesesuaian dialog dengan isi cerita dalam pementasan drama
1.2.3 Menganalisis kesesuaian latar dengan isi cerita dalam pementasan drama
Standar Kompetensi :
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan bercerita, berdeklamasi, dan membawakan dialog drama
Kompetensi Dasar ke 1 ( SK 2 ) :
2.1 Menceritakan secara lisan narasi yang berasal dari cerita pendek atau novel yang pernah dibaca
Indikator ( KD 2.1 ) :
2.1.1 Menentukan perwatakan (karakterisasi) tokoh dalam cerpen atau novel dengan menunjukkan kata-kata atau kalimat yang mendukung
2.1.2 Menjelaskan latar yang mendukung emosi tokoh
2.1.3 Menentukan tema dan amanat dikaitkan dengan masalah sosial budaya dalam teks
Kompetensi Dasar ke 2 ( SK 2 ) :
2.2 Mendeklamasikan puisi dari berbagai angkatan dengan menggunakan volume suara dan irama yang sesuai
Indikator ( KD 2.2 ) :
2.2.1 Mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, gerak, mimik, dan penghayatan yang sesuai
2.2.2 Mendiskusikan lafal, intonasi, gerak, dan penghayatan dalam pendeklamasian puisi
Standar Kompetensi :
3. Membaca
Memahami cerita pendek, novel, dan hikayat
Kompetensi Dasar ke- 1 ( SK 3 ) :
3.1 Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek
Indikator ( KD 3.1 ) :
3.1.1 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam cerpen dengan bukti-bukti yang mendukung
3.1.2 Mengidentifikasi konflik dalam cerpen
3.1.3 Menyimpulkan perwatakan (karakterisasi) dalam cerpen dengan bukti yang mendukung
3.1.4 Menjelaskan latar yang digunakan pengarang dan fungsinya untuk mendukung penokohan
3.1.5 Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek
3.1.6 Menghubungkan nilai-nilai tersebut
Kompetensi Dasar ke- 2 ( SK 3 ) :
3. 2 Mengidentifikasi pelaku, peristiwa, dan latar dalam novel
Indikator ( KD 3.2 ) :
3.2.1 Mengidentifikasi perwatakan (karakterisasi) dalam cerpen/novel dengan bukti yang mendukung
3.2.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam novel dengan bukti-bukti yang mendukung
3.2.3 Mengidentifikasi latar yang digunakan pengarang dan fungsinya untuk mendukung penokohan
Kompetensi Dasar ke-3 (SK 3 )
3.3 Mendeskripsikan relevansi hikayat dengan kehidupan sekarang
Indikator ( KD 3.2 )
3.3.1 Menentukan tokoh-tokoh dan karakternya dalam hikayat
3.3.2 Menentukan latar dalam hikayat
3.3.3 Menentukan tema hikayat
3.3.4 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam hikayat
3.3.5 Menghubungkan nilai budaya dalam hikayat dengan nilai budaya sekarang
Standar Kompetensi :
4. Menulis
Mengungkapkan pengalaman dalam puisi, cerita pendek, dan drama
Kompetensi Dasar ke- 1 ( SK 4 ) :
4.1 Menulis puisi berdasarkan pengalaman atau pengamatan
Indikator ( KD 2.1 ) :
4.1.1 Mengekspresikan perasaan dalam bentuk puisi dengan menggunakan diksi, majas, rima, dan irama, serta disesuaikan bentuk, dan isi puisi
4.1.2 Menulis puisi berdasarkan objek yang dilihat atau berdasarkan pengalaman
Kompetensi Dasar ke- 2 ( SK 4 ) :
4.2 Menulis cerita pendek berkenaan dengan kehidupan seseorang dengan sudut penceritaan orang ketiga
Indikator ( KD 2.2 ) :
4.2.1 Menulis cerpen berkenaan dengan kehidupan seseorang dengan mengembangkan:
- penokohan
- alur
- latar
- sudut pandang orang ketiga
Kompetensi Dasar ke- 3 ( SK 4 ) :
4.3 Menulis drama pendek berdasarkan cerita pendek atau novel
Indikator ( KD 4.3 )
4.3.1 Mengekspresikan gagasan dalam bentuk drama dengan mengembangkan:
- tema
- penokohan
- alur
- latar
4.3.2 Menulis drama pendek berdasarkan cerita pendek atau novel yang dibaca
4.3.3 Menganalisis penulisan drama dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
Standar Kompetensi :
5. Kesastraan
Menguasai komponen-komponen kesastraan dalam menelaah berbagai karya sastra
Kompetensi Dasar ke 1 ( SK 5 ) :
5.1 Mengaplikasikan komponen-komponen kesastraan dalam menelaah berbagai karya sastra
Indikator ( KD 5.1 ) :
5.1.1 Membedakan teks ragam prosa biasa dan prosa naratif
5.1.2 Menganalisis teks prosa biasa dan prosa naratif untuk mengetahui plot, penokohan, latar, dan tema
5.1.3 Menulis teks ragam prosa biasa dan prosa naratif
Kompetensi Dasar ke 2 ( SK 5 ) :
5.2 Menggunakan komponen kesastraan teks drama (pelaku dan perwatakan, dialog dan perilaku, plot dan konflik) untuk menelaah karya sastra drama
Indikator ( KD 5.2 ) :
5.2.1 Mengidentifikasi komponen kesastraan dalam teks drama karya satrawan Indonesia dari suatu periode
5.2.2 Menentukan jenis drama
5.2.3 Menentukan bentuk drama
5.2.4 Menentukan unsur-unsur intrinsik drama
Kompetensi Dasar ke -3 ( SK 5 ) :
5.3 Menganalisis puisi berdasarkan komponen bentuk puisi (bait, larik, rima, irama) dan isi (pengindraan, pikiran, perasaan, imajinasi)
Indikator ( KD 5.3 )
5.3.1 Mengidentifikasi komponen puisi yang terdapat dalam puisi Indonesia
5.3.2 Menentukan ciri formal puisi
5.3.3 Menentukan isi puisi
Standar Kompetensi :
6. Mendengarkan
Memahami kegiatan pementasan drama
Kompetensi Dasar ke- 1 ( SK 6 ) :
6.1 Menganalisis pementasan drama berkaitan dengan isi, tema, dan pesan
Indikator ( KD 6.1 ) :
6.1.1 Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama
6.1.2 Menentukan tokoh dan perannya
6.1.3 Menentukan konflik drama dengan menunjukkan data yang mendukung
6.1.4 Menentukan latar dan peran latar
Kompetensi Dasar ke -2 ( SK 6 ) :
6.2 Membuat resensi tentang drama yang ditonton
Indikator ( KD 6.2 ) :
6.2.1 Menulis resensi drama dengan pemperhatikan unsur-unsur resensi
6.2.2 Mendeskripsikan identitas drama (judul, pengarang, sutradara, produser, tahun produksi)
6.2.3 Membuat sinopsis mengemukakan kelebihan dan kekurangan drama
6.2.4 Membuat simpulan resensi drama
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran Sastra Indonesia dilaksanakan selama 30 jam tatap muka dan 30 jam tugas terstruktur dengan pembagian setelah 15 jam tatap muka dilaksanakan UTS yang meliputi materi pertemuan 1- 15 dan diakhir semua materi yang tersaji siswa harus menempuh UAS dengan materi semua pertemuan. Tugas tidak terstruktur 1 dikumpulkan siswa pada awal bulan September 2008. Tugas tidak terstruktur 2 dikumpulkan siswa pada awal bulan Desember 2008.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. TATAP MUKA
No Materi Pembelajaran / Indikator keterangan
1 tokoh dan perannya dalam pementasan drama
sifat tokoh berdasarkan dialog tokoh
2 latar dan fungsi latar dalam pementasan drama
kesesuaian penokohan dengan isi cerita dalam pementasan drama
kesesuaian dialog dengan isi cerita dalam pementasan drama
3 kesesuaian latar dengan isi cerita dalam pementasan drama
4 perwatakan (karakterisasi) tokoh dalam cerpen atau novel dengan menunjukkan kata-kata atau kalimat yang mendukung
5 latar yang mendukung emosi tokoh
tema dan amanat dikaitkan dengan masalah sosial budaya dalam teks
6 peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam cerpen dengan bukti-bukti yang mendukung
konflik dalam cerpen
7 perwatakan (karakterisasi) dalam cerpen dengan bukti yang mendukung
8
latar yang digunakan pengarang dan fungsinya untuk mendukung penokohan
9
nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek Menghubungkan nilai-nilai tersebut
10 Mengekspresikan perasaan dalam bentuk puisi dengan menggunakan diksi, majas, rima, dan irama, serta disesuaikan bentuk, dan isi puisi
11 Menulis puisi berdasarkan objek yang dilihat atau berdasarkan pengalaman
12 Menulis cerpen berkenaan dengan kehidupan seseorang dengan mengembangkan:
- penokohan
- alur
- latar
- sudut pandang orang ketiga
13 Mengekspresikan gagasan dalam bentuk drama dengan mengembangkan:
- tema
- penokohan
- alur
- latar
14 Menulis drama pendek berdasarkan cerita pendek atau novel yang dibaca
15 Menganalisis penulisan drama dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
16 UTS
17 Membedakan teks ragam prosa biasa dan prosa naratif
18 Menganalisis teks prosa biasa dan prosa naratif untuk mengetahui plot, penokohan, latar, dan tema
19 Menulis teks ragam prosa biasa dan prosa naratif
20 komponen kesastraan dalam teks drama karya satrawan Indonesia dari suatu periode
21 jenis drama
bentuk drama
22 unsur-unsur intrinsik drama
23 komponen puisi yang terdapat dalam puisi Indonesia
isi puisi
24 unsur-unsur intrinsik drama
25 tokoh dan perannya
26
konflik drama dengan menunjukkan data yang mendukung
27
latar dan peran latar
28 Menulis resensi drama dengan pemperhatikan unsur-unsur resensi
29 identitas drama (judul, pengarang, sutradara, produser, tahun produksi)
30
Membuat sinopsis mengemukakan kelebihan dan kekurangan drama
31 Menyunting resensi drama
32 UAS
B. TUGAS TERSTRUKTUR
No Materi Pembelajaran / Indikator keterangan
1 Menjawab soal mengenai tokoh dan peran tokoh serta sifat tokoh dalam pementasan drama yang ditayangkan guru di lembar tugas
2 Menjawab soal mengenai latar dan fungsi latar dalam pementasan drama
Menjawab soal mengenai kesesuaian penokohan dengan isi cerita dalam pementasan drama
Menjawab soal mengenai kesesuaian dialog dengan isi cerita dalam pementasan drama di lembar tugas
3 Menjawab soal mengenai kesesuaian latar dengan isi cerita dalam pementasan drama di lembar tugas
4 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang perwatakan (karakterisasi) tokoh dalam cerpen atau novel dengan menunjukkan kata-kata atau kalimat yang mendukung
5 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang latar yang mendukung emosi tokoh
tema dan amanat dikaitkan dengan masalah sosial budaya dalam teks
6 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam cerpen konflik dalam cerpen dengan bukti-bukti yang mendukung
7 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang perwatakan (karakterisasi) dalam cerpen dengan bukti yang mendukung
8
Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang latar yang digunakan pengarang dan fungsinya untuk mendukung penokohan
9
Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek Menghubungkan nilai-nilai tersebut
10 Mengekspresikan perasaan dalam bentuk puisi dengan menggunakan diksi, majas, rima, dan irama, serta disesuaikan bentuk, dan isi puisi
11 Menulis puisi berdasarkan objek yang dilihat atau berdasarkan pengalaman dalam lembar tugas
12 Menulis cerpen berkenaan dengan kehidupan seseorang dengan mengembangkan:
- penokohan
- alur
- latar
- sudut pandang orang ketiga
pengerjaan tugas di kertas folio
13 Mengekspresikan gagasan dalam bentuk drama dengan mengembangkan:
- tema
- penokohan
- alur
- latar
pengerjaan tugas di kertas folio
14 Menulis drama pendek berdasarkan cerita pendek atau novel yang dibaca
pengerjaan tugas di kertas folio
15 Menyunting penulisan drama yang ditulis teman dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
16 UTS
17 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang perbedaan teks ragam prosa biasa dan prosa naratif dalam lembar kerja yang dibagikan
18 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang teks prosa biasa dan prosa naratif untuk mengetahui plot, penokohan, latar, dan tema
19 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang teks ragam prosa biasa dan prosa naratif
20 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang komponen kesastraan dalam teks drama karya satrawan Indonesia dari periode angkatan 45 dan 66
21 Menjawab pertanyaan dalam lembar tugas tentang jenis drama dan bentuk drama
22 Menjawab pertanyaan dalam lembar tugas tentang unsur-unsur intrinsik drama
23 Menjawab pertanyaan dalam lembar tugas tentang komponen puisi yang terdapat dalam puisi Indonesia
Menjawab pertanyaan dalam lembar tugas tentang isi puisi perjuangan
24 Menjawab pertanyaan dalam lembar tugas tentang unsur-unsur intrinsik drama
25 Menjawab pertanyaan dalam lembar tugas tentang tokoh dan perannya
26
Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang konflik drama dengan menunjukkan data yang mendukung
27
Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang latar dan peran latar dalam pementasan drama
28 Menulis resensi drama dengan pemperhatikan unsur-unsur resensi
pengerjaan tugas di kertas folio
29 Menentukan unsur identitas drama (judul, pengarang, sutradara, produser, tahun produksi) dalam sebuah resensi drama
pengerjaan tugas di kertas folio
30
Membuat sinopsis mengemukakan kelebihan dan kekurangan naskah drama yang dibaca
31
Menyunting resensi drama yang dibuat teman
32 UAS
C. TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
1. Menonton pertunjukan drama rekaman secara langsung atau yang ditayangkan di televisi dan menganalisis unsur-unsur intrinsik dalam pementasan drama tersebut!
2. Berkelompok 3 orang dalam satu kelompok merekam dalam mendeklamasikan sebuah puisi karya sendiri dan merekamnya dalam bentuk VCD!
PENILAIAN
Penilaian diberikan dengan ketentuan :
1 Kehadiran
15 %
2 Afektif
10 %
3 Tugas 15 %
4 Psikomotor / Praktik 10 %
5 UTS 20 %
6 UAS 30 %
Jumlah 100 %
PENILAIAN AFEKTIF
DAFTAR PENILAIAN AFEKTIF
No Pernyataan Hasil Pengamatan Skor
4 3 2 1
1 Datang tepat waktu
2 Mengikuti Kegiatan dengan tertib
3 Membuang sampah pada tempatnya
4 Membersihkan tempat kegiatan
5 Merawat kebersihan diri
6 Menyelesaikan tugas tepat waktu
7 Berani menanggung resiko
8 Berbicara dengan sopan
9 Bersikap hormat terhadap guru
10 Berpakaian sopan
11 Berposisi duduk yang sopan
12 Menjalin hubungan baik dengan guru
13 Menjalin hubungan baik dengan teman
14 Menolong teman bekerja sama dalam kegiatan positif
15 Bersikap jujur
Jumlah
Nilai = Skor Perolehan x 100
Skor Maximal
43 : 60 X 100 = .......
KONTRAK MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia
Kode Mata Pelajaran : SASI – 03 – 01 - 05
Pengajar : Dra. Seni Asiati
Semester : Genap
Standar Kompetensi :
7. Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, dan perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan bercerita, bermain peran, dan berdiskusi
Kompetensi Dasar ke -1 ( SK 7 ) :
7.1 Memerankan tokoh drama atau penggalan drama
Indikator ( KD 7.1 ) :
7.1.1 Menentukan peran yang sesuai dengan tokoh dalam dalam teks
7.1.2 Memerankan drama/ penggalan drama sesuai dengan karakter tokoh
7.1.3 Memberi tanggapan atas pemeranan teman (kesesuaian karakter tokoh)
Kompetensi Dasar ke- 2 ( SK 7 ) :
7.2 Mengevaluasi teks drama atau pementasan drama dalam kegiatan diskusi
Indikator ( KD 7.2 ) :
7.2.1 Membahas kesesuaian pemeranan pelaku-pelaku
7.2.2 Memberi tanggapan atas pemeranan drama yang ditonton
7.2.3 Membuat ulasan pementasan drama
7.2.4 Mendiskusikan ulasan pementasan drama
Standar Kompetensi :
8. Membaca :
Memahami hikayat, novel, dan cerpen
Kompetensi Dasar ke- 1 ( SK 8 ) :
8.1 Menceritakan kembali sastra lama (hikayat) dengan bahasa masa kini
Indikator ( KD 8.1 ) :
8.1.1 Menulis sinopsis (isi) cerita secara kronologis
8.1.2 Menceritakan kembali sastra lama (hikayat) sesuai dengan urutan kronologis tanpa mengubah isi cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
8.1.3 Mengungkapkan nilai-nilai dalam hikayat yang dapat diteladani
Kompetensi Dasar ke- 2 ( SK 8 ) :
8.2 Membandingkan naskah hikayat dengan cerpen
Indikator ( KD 8.2 ) :
8.2.1 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam cerpen
8.2.2 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam hikayat
8.2.3 Menghubungkan nilai budaya dalam cerpen dengan nilai budaya sekarang
8.2.4 Menghubungkan nilai budaya dalam hikayat dengan nilai budaya sekarang
8.2.5 Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan cerpen
Kompetensi Dasar ke- 3 ( SK 8 ) :
8.3 Menggubah penggalan hikayat ke dalam cerpen
Indikator ( KD 8.3 ) :
8.3.1 Menentukaan tema hikayat yang dibaca
8.3.2 Menentukan amanat
8.3.3 Menentukan latar cerpen
8.3.4 Menentukan isi hikayat
8.3.5 Mengubah hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memunculkan konflik tertentu dan penyelesaiannya
Standar Kompetensi :
9. Menulis :
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman dalam kegiatan produksi dan transformasikan bentuk karya sastra
Kompetensi Dasar ke- 1 ( SK 9) :
9.1 Mengarang cerpen berdasarkan realitas sosial
Indikator ( KD 9.1 ) :
9.1.1 Mengekspresikan gagasan dalam bentuk cerpen berdasarkan realitas sosial dengan mengembangkan:
- penokohan
- alur
- tema
- latar
- sudut pandang
Kompetensi Dasar ke- 2 ( SK 9 ) :
9.2 Menyadur cerpen ke dalam bentuk drama satu babak
Indikator ( KD 9.2 ) :
9.2.1 Menentukan tema cerpen yang dibaca
9.2.2 Menentukan isi cerpen dan karakter tokoh-tokohnya
9.2.3 Mengubah cerpen ke dalam bentuk drama sesuai dengan kerangka yang dibuat
Kompetensi Dasar ke- 3 ( SK 9 ) :
9.3 Menggubah penggalan hikayat ke dalam cerpen
Indikator ( KD 9.2 ) :
9.3.1 Menentukaan tema hikayat yang dibaca
9.3.2 Menentukan amanat hikayat yang dibaca
9.3.3 Menentukan latar cerpen
9.3.4 Menentukan isi hikayat
9.3.5 Mengubah hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memunculkan konflik tertentu dan penyelesaiannya
Standar Kompetensi :
10. Kesastraan :
Menguasai komponen kesastraan dalam teks drama dan perkembangan genre sastra Indonesia
Kompetensi Dasar ke 1 ( SK 10 ) :
10.1 Mengidentikasi komponen kesastraan dalam teks drama
Indikator ( KD 10.1 ) :
10.1.1 Menentukan laporan kesastraan dalam teks drama berbentuk puisi atau berbentuk prosa
10.1.2 Membahas hubungan antarkomponen drama
10.1.3 Menilai komponen kesastraan dalam teks drama berbentuk puisi atau berbentuk prosa
Kompetensi Dasar ke 2 ( SK 10 ) :
10.2 Menganalisis perkembangan genre sastra Indonesia
Indikator ( KD 10.2 ) :
10.2.1 Menganalisis ragam karya sastra Indonesia dari setiap periode (puisi, prosa, drama)
10.2.2 Menemukan ciri-cri setiap periode (puisi, prosa, drama)
10.2.3 Mengelompokkan ragam karya sastra Indonesia setiap periode (puisi, prosa, drama) berdasarkan periodisasi sastra
10.2.4 Memaparkan para pengarang penting (puisi, prosa, drama) pada setiap periode dengan alasan
10.2.5 Menjelaskan perkembangan ragam karya sastra (puisi, prosa, drama) yang dominan dipengaruhi oleh aliran kesusastraan dalam periode tertentu
10.2.6 Menyimpulkan perkembangan sastra Indonesia
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran Sastra Indonesia dilaksanakan selama 30 jam tatap muka dan 30 jam tugas terstruktur dengan pembagian setelah 16 jam tatap muka dilaksanakan UTS dan diakhir semua materi yang tersaji siswa harus menempuh UAS. Tugas tidak terstruktur harus dikerjakan siswa.........
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. TATAP MUKA
No Materi Pembelajaran / Indikator keterangan
1 Menentukan peran yang sesuai dengan tokoh dalam dalam teks drama
2 Memerankan drama/ penggalan drama sesuai dengan karakter tokoh
3 Memberi tanggapan atas pemeranan teman (kesesuaian karakter tokoh)
4 Membahas kesesuaian pemeranan pelaku-pelaku
5 Memberi tanggapan atas pemeranan drama yang ditonton
karakter tokoh
6 Membuat ulasan pementasan drama
7 Mendiskusikan ulasan pementasan drama
8 Menulis sinopsis (isi) cerita secara kronologis
9 Menceritakan kembali sastra lama (hikayat) sesuai dengan urutan kronologis tanpa mengubah isi cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
10 Mengungkapkan nilai-nilai dalam hikayat yang dapat diteladani
11 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam cerpen
12 Menghubungkan nilai budaya dalam cerpen dengan nilai budaya sekarang
13 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam hikayat
Menghubungkan nilai budaya dalam hikayat dengan nilai budaya sekarang
14 Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan cerpen
15 Mengekspresikan gagasan dalam bentuk cerpen berdasarkan realitas sosial dengan mengembangkan:
- penokohan
- alur
- tema
- latar
- sudut pandang
16 UTS
17 Menentukan tema cerpen yang dibaca
Menentukan isi cerpen dan karakter tokoh-tokohnya
18 Mengubah cerpen ke dalam bentuk drama sesuai dengan kerangka yang dibuat
19 Menentukaan tema hikayat yang dibaca
Menentukan amanat hikayat yang dibaca
Menentukan latar cerpen
20 Menentukan isi hikayat
21 Mengubah hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memunculkan konflik tertentu dan penyelesaiannya
22 Menentukan laporan kesastraan dalam teks drama berbentuk puisi atau berbentuk prosa
23 Membahas hubungan antarkomponen drama
24 Menilai komponen kesastraan dalam teks drama berbentuk puisi atau berbentuk prosa
25 Menganalisis ragam karya sastra Indonesia dari setiap periode (puisi, prosa, drama)
26 Memaparkan para pengarang penting (puisi, prosa, drama) pada setiap periode dengan alasan
27 Menemukan ciri-cri setiap periode (puisi, prosa, drama)
28 Mengelompokkan ragam karya sastra Indonesia setiap periode (puisi, prosa, drama) berdasarkan periodisasi sastra
29 Menjelaskan perkembangan ragam karya sastra (puisi, prosa, drama) yang dominan dipengaruhi oleh
30 aliran kesusastraan dalam periode tertentu
31 Menyimpulkan perkembangan sastra Indonesia
32 UAS
B. TUGAS TERSTRUKTUR
No Materi Pembelajaran / Indikator keterangan
1 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 3 orang dalam satu kelompok tentang peran yang sesuai dengan tokoh dalam dalam teks
2 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 5 orang dalam satu kelompok tentang Memerankan drama/ penggalan drama sesuai dengan karakter tokoh
3 Memberi tanggapan atas pemeranan teman (kesesuaian karakter tokoh)
4 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi maksimal 5 orang dalam satu kelompok tentang Membahas kesesuaian pemeranan pelaku-pelaku
5 Berdiskusi dengan membentuk kelompok diskusi 5 orang dalam satu kelompok tentang Memberi tanggapan atas pemeranan drama yang ditonton
karakter tokoh
6 Membuat ulasan pementasan drama
7 Mendiskusikan ulasan pementasan drama
8 Menulis sinopsis (isi) cerita secara kronologis
9 Menceritakan kembali sastra lama (hikayat) sesuai dengan urutan kronologis tanpa mengubah isi cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
10 Mengungkapkan nilai-nilai dalam hikayat yang dapat diteladani
11 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam cerpen
12 Menghubungkan nilai budaya dalam cerpen dengan nilai budaya sekarang
13 Mengidentifikasi nilai yang terdapat dalam hikayat
Menghubungkan nilai budaya dalam hikayat dengan nilai budaya sekarang
14 Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan cerpen
15 Mengekspresikan gagasan dalam bentuk cerpen berdasarkan realitas sosial dengan mengembangkan:
- penokohan
- alur
- tema
- latar
- sudut pandang
16 UTS
17 Menentukan tema cerpen yang dibaca
Menentukan isi cerpen dan karakter tokoh-tokohnya
18 Mengubah cerpen ke dalam bentuk drama sesuai dengan kerangka yang dibuat
19 Menentukaan tema hikayat yang dibaca
Menentukan amanat hikayat yang dibaca
Menentukan latar cerpen
20 Menentukan isi hikayat
21 Mengubah hikayat ke dalam bentuk cerpen dengan memunculkan konflik tertentu dan penyelesaiannya
22 Menentukan laporan kesastraan dalam teks drama berbentuk puisi atau berbentuk prosa
23 Membahas hubungan antarkomponen drama
24 Menilai komponen kesastraan dalam teks drama berbentuk puisi atau berbentuk prosa
25 Menganalisis ragam karya sastra Indonesia dari setiap periode (puisi, prosa, drama)
26 Memaparkan para pengarang penting (puisi, prosa, drama) pada setiap periode dengan alasan
27 Menemukan ciri-cri setiap periode (puisi, prosa, drama)
28 Mengelompokkan ragam karya sastra Indonesia setiap periode (puisi, prosa, drama) berdasarkan periodisasi sastra
29 Menjelaskan perkembangan ragam karya sastra (puisi, prosa, drama) yang dominan dipengaruhi oleh
30 aliran kesusastraan dalam periode tertentu
31 Menyimpulkan perkembangan sastra Indonesia
32 UAS
C. TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
1. Mementaskan naskah drama karya kelompok dan menggumpulkan dalam format VCD
2. Membuat sinopsis hikayat Bayan Budiman dan hikayat Malin Deman dengan kalimat sendiri dan dikumpulkan dalam bentuk print out dan copy di CD
3. Membuat kliping resensi novel karya sastra terjemahan dari web dan koran atau majalah.
PENILAIAN
Penilaian diberikan dengan ketentuan :
1 Kehadiran %
2 Afektif %
3 Tugas %
4 Psikomotor / Praktek %
5 UTS %
6 UAS %
Jumlah 100%
Subscribe to:
Posts (Atom)
Back Home Pasien Covid
Good bye Wisma Atlet Hari ke-14 di Wisma Atlet "Menunggu Surat" Senin, 4 Januari 2021 Ini hari ke-14 di Wisma Atlet. Katanya kami ...
-
Skenario ini adalah naskah yang harus dipersingkat dari 43 halaman harus menjadi 10 halaman. Kebayangkan pusingnya harus memangkas begitu ba...
-
PETUNJUK MENGERJAKAN REMEDIAL! 1. Downloadlah soal yang terdapat DISINI ! 2. Baca dengan teliti petunjuk mengerjakannya 3. SELAMAT MENGERJA...
-
Unsur Intrinsik Karya Sastra adalah usur yang secara organik membangun karya sastra dari dalam. Unsur tersebut jalin-menjalin secara strukt...