Wednesday, September 20, 2017

Jurnal Ilmiah


Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi dengan Complette Sentence Pada Siswa Kelas VII SMPN 266 Jakarta

Seni Asiati, M.Pd


ABSTRAK

Keterampilan berbahasa yaitu menulis cerita fantasi di SMP Negeri 266 masih belum maksimal, untuk itu diperlukan suatu tindakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah; Apakah  complette sentence  dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII  SMP Negeri 266 Jakarta?”  Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017-2018 yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis cerita dengan complette sentence  pada siswa kelas  VII SMP Negeri  266 Jakarta Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahapan yaitu; 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (action), 3) observasi (observation), dan 3) refleksi (reflection). Penelitian dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Dari hasil analisis data, diperoleh data peningkatan keterampilan menulis cerita fantasi, yang dapat dilihat dari meningkatnya keterampilan menulis cerita fantasi siswa. Siklus I, nilai siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 12 siswa (33.4%), nilai anak yang kurang dari KKM 24 anak (66.6 %).  Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 66.25.  Siklus kedua, nilai siswa yang mencapai KKM 32 anak (88.8 %), nilai siswa yang kurang dari KKM 4 siswa (11.1 %). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa complette sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi.

kata kunci: Keterampilan Menulis, Cerita Fantasi,  Complette Sentence

Back Home Pasien Covid

Good bye Wisma Atlet Hari ke-14 di Wisma Atlet "Menunggu Surat" Senin, 4 Januari 2021 Ini hari ke-14 di Wisma Atlet. Katanya kami ...