Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi dengan Complette Sentence Pada Siswa Kelas VII SMPN 266 Jakarta
Seni Asiati, M.Pd
ABSTRAK
Keterampilan berbahasa yaitu
menulis cerita fantasi di SMP Negeri 266 masih belum maksimal, untuk itu
diperlukan suatu tindakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis
cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah; “Apakah complette sentence
dapat meningkatkan keterampilan
menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 266 Jakarta?” Penelitian ini dilaksanakan pada tahun
pelajaran 2017-2018 yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus
2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan permasalahan
tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan
keterampilan menulis cerita dengan complette sentence
pada siswa kelas VII SMP
Negeri 266 Jakarta Utara. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahapan yaitu; 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (action), 3) observasi (observation), dan 3) refleksi (reflection). Penelitian
dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali
pertemuan. Dari hasil analisis data, diperoleh data
peningkatan
keterampilan menulis cerita fantasi, yang dapat dilihat dari
meningkatnya keterampilan menulis cerita fantasi siswa. Siklus I, nilai siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) 12 siswa (33.4%), nilai anak yang
kurang dari KKM 24 anak (66.6 %).
Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 66.25. Siklus kedua, nilai siswa
yang mencapai KKM 32 anak (88.8 %), nilai siswa yang
kurang dari KKM 4 siswa (11.1 %). Berdasarkan
data tersebut dapat disimpulkan bahwa complette
sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi.
kata kunci: Keterampilan
Menulis, Cerita Fantasi, Complette
Sentence