Wednesday, September 7, 2016

LITERASI DAN EKOSISTEM SEKOLAH

MENUMBUHKAN BUDI PEKERTI DAN  MENDUKUNG PENINGKATAN LITERASI ANAK
DENGAN MEMAKSIMALKAN EKOSISTEM DALAM KELUARGA

Ditulis oleh
Dra. Hj. Seni Asiati, M.Pd

  1. Sediakan prasana dan sarana yang dapat dijangkau anak
  2. Libatkan semua anggota keluarga untuk membaca


Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup.
Sebagai ekosistem dalam keluarga, orangtua merupakan individu yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara anak dengan lingkungan. Ekosistem dapat dianggap sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara semua elemen lingkungan yang mempengaruhi satu sama lain. Sayangnya ekosistem keluarga kita belum terbangun karena penumbuhan budi pekerti belum menyentuh pembentukan kultur keluarga sebagai komunitas moral.
Orangtua sebagai bagian dari ekosistem keluarga masih belum menumbuhkan semangat literasi bagi anak sebagai pribadi yang sedang tumbuh. Contoh nyata dari tidak adanya ekosistem keluarga yang menjadikan  sebagai komunitas moral / budi pekerti adalah adanya inkonsistensi kebijakan. Perbedaan perlakuan dari ayah dan ibu yang berbeda memungkinkan pembentukan budi pekerti yang salah.
Literasi di rumah masih belum sepenuhnya menjadi pokok utama yang harus ditumbuhkan. Sementara ekosistem di keluarga mencangkup semua anggota yang berada dalam lingkungan rumah bahkan asiten rumah tangga dapat dilibatkan dalam gerakan literasi dalam keluarga. Ajari asisten rumah tangga untuk membacakan cerita bukan menonton TV bersama-sama saja.
Semakin majunya teknologi membuat anak malas untuk berinteraksi secara langsung dalam keluarga. Satu contoh ketika keluarga inti berkumpul santai di rumah, sangat jarang ditemukan ibu atau ayah yang mengajak anak untuk sama-sama membaca bahan bacaan yang ada misalnya berita yang terdapat di koran atau ibu sekadar mencuri waktu anak untuk membacakan cerita yang ada di majalah anak atau remaja. Bahan bacaan yang salah pada anak, pemicunya juga karena kurangnya interaksi dan peran orangtua untuk memilih dan terlibat dalam bahan bacaan anak. Tidak jarang anak membeli dan membaca sendiri bahan bacaan tanpa melibatkan orantua.
Tumbuhkan minat baca  pada anak dapat dengan berbagai cara. Cara termudah adalah  membaca dengan nyaring isi berita yang ada di koran sehingga anak menyimak apa  informasi yang dibacakan, sehingga tidak sibuk dengan ponsel atau game online yang semakin merantai pikiran anak. Ajak anak untuk mendiskusikan isi informasi ditinjau dari budi pekerti, baik atau buruk berita yang timbul.
 Kegiatan literasi selama ini identik dengan aktivitas membaca dan menulis. Namun, Deklarasi Praha pada tahun 2003 menyebutkan bahwa literasi juga mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dalam masyarakat. Literasi juga bermakna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan, bahasa, dan budaya (UNESCO, 2003).
Budaya literasi merupakan suatu proses sekaligus hasil dari pergulatan (dialektika) antara apa yang dikehendaki (karsa), suasana batin (rasa), dan apa yang dilakukan (karya) manusia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup. Ada pertautan antara tingkat penguasaan literasi dengan kualitas hidup masyarakat. Semakin maju masyarakat atau bangsa ditunjukkan dengan tingkat budaya baca-tulis yang tinggi pula. Budaya baca-tulis (sebagaimana firman Allah dalam al Quran surah al Alaq: Iqro) terbukti memberikan pencerahan untuk hidup yang lebih baik dan berkualitas.
Lingkungan keluarga yang akrab dengan literasi mendorong anak untuk tumbuh kembang dengan segala karsa, rasa dan ciptanya. Bacaan yang mendidik dan melalui pembiasaan dapat menumbuhkembangkan budi pekerti. Kebiasaan ibu atau bapak yang mendongengkan sebuah cerita ketika anak akan tidur menjadi kebiasaan yang baik untuk tumbuh kembang budi pekerti. Kesantunan dalam berbicara dan keteladanan yang didengar anak ketika seorang ibu membacakan dongeng menjadi makanan yang bergizi untuk otak.
Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd. dalam tulisannya dengan judul “Minat Baca dan Kualitas Bangsa” di Harian Kompas Selasa, 23 Maret 2004, menyatakan: “ Secara teoritis ada hubungan yang positif antara minat baca (reading interest) dengan kebiasaan membaca (reading habit) dan kemampuan membaca (reading ability). Rendahnya minat baca masyarakat menjadikan kebiasaan membaca yang rendah, dan kebiasaan membaca yang rendah ini menjadikan kemampuan membaca rendah. Itulah yang sedang terjadi pada masyarakat kita sekarang ini.”
Suherman dalam bukunya (2010:71) menuliskan “untuk menuju perubahan budaya (budaya membaca), langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara mengubah paradigma jika kita ingin menggali lebih banyak manfaat dari membaca. Kita harus mulai menempatkan minset ke jalan yang benar bahwa membaca adalah sebuah kebutuhan jika ingin bertahan hidup dalam persaingan global yang semakin ketat.”
Literasi dalam keluarga bila dimaksimalkan akan menjadikan bangsa ini khususnya anak Indonesia menjadikan baca-tulis sebagai budaya hidup  bukan gaya hidup. Budi pekerti anak akan lebih baik bila mereka lebih banyak mengonsumsi bacaan pilihan serta keteladanan orang-orang di sekitarnya. Keluarga, teman sebaya, sekolah dengan semua jajarannya, serta masyarakat luas sangat mempengaruhi budi pekerti anak. Masalah besar yang kita hadapi sekarang adalah minimnya sosok yang bisa diteladani oleh siswa. Ada kontradiksi antara dunia idealisme yang diterima di sekolah dengan realita dalam media elektronik dan media sosial. Siswa gamang dalam mengenali dirinya sendiri di tengah kegelisahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Apa yang mereka dengar, apa yang mereka baca menjadi suatu referensi untuk literasi siswa.
Budaya membaca memang menjadi mahal jika melihat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Di tengah kebutuhan hidup yang semakin tinggi, masyarakat belum berpikir untuk menjadikan buku sebagai menu utama dalam daftar belanjanya. Hal ini dimaklumi karena rendahnya kualitas hidup masyarakat. Pengetahuan masyarakat rendah karena budaya membaca masyarakat rendah.
Sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan smasyarakat sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Cara dan strategi yang dibangun  akan mempengaruhi hasil literasi anak yang akan diperoleh secara maksimal jika memang dilaksanakan dengan melibatkan ekosistem keluarga. Semoga apa yang dilakukan dengan pelibatan ekosistem keluarga dapat menumbuhkan budi pekerti dan mendukung peningkatan literasi pada anak khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
Budi pekerti yang baik tak akan memunculkan berbagai tindak kriminalitas di masyarakat. Sesuatu yang baik harus dimulai dari yang terdekat. Tidak ada salahnya membiasakan membaca disetiap kesempatan dan disetiap waktu.
Pada akhirnya budaya literasi dapat mengasah kepekaan (sensitivitas), ketajaman, dan kecendikiaaan akal dan hati yang dalam wujud kesehariannya disebut budi pekerti atau akhlak. Oleh karena itu, kita berupaya menumbuhkembangkan budaya baca-tulis agar anak Indonesia (dan kita semua) lebih tercerahkan akal dan hati kita sehingga mampu membangun keluhuran budi pekerti atau akhlakul karimah.




TEKS EKSEMPLUM DRAMA (REVISI K13)

SOTO BETAWI UNTUK MAWAR KESUMBAT

Pelaku:
1. Aku (Adi) : Pelajar kelas XI SMK jurusan otomotif
2. Ibnu             : Pelajar kelas XI SMA
3. Tasha           : teman  SMP Adi dan Ibnu
4. Ines              : Pelajar SMA teman Tasha
5. Pelayan warung soto

PROLOG
Latar cerita di  depan sebuah warung soto Betawi di daerah Buncit Raya yang tentu saja ramai dengan lalu lalang kendaraan apalagi hari itu masih pagi baru pukul 9. Warung tersebut masih belum sepenuhnya buka biasanya pukul 10 sudah buka walau baru pintu pagarnya saja perabotan bahan soto masih dibenahi para pelayan warung yang berjumlah empat orang semuanya laki-laki.
Pagi itu cukup  cerah Aku ingin sekali makan soto betawi yang terkenal hingga ke pelosok kota Jakarta. Ketika aku datang belum banyak pelanggan yang makan, maklum baru buka pukul 10. Namun, ada saja pelanggan yang nekat duduk dan menunggu hingga semua pelayan siap untuk memulai aksi racikannya.termasuk
Aku yang sengaja datang untuk menyantap soto Betawi apalagi aku belum sarapan. Biasanya aksi nekat pelanggan cukup dihargai oleh pelayan, mereka akan meladeni pesanan walau masih belum buka. Kisahku ini terjadi sewaktu aku menyantap soto. Pertemuan tak terduga dengan seorang teman SMP yang cukup lama tidak aku jumpai.

ADEGAN I
ADI                  : akhirnya bisa juga sarapan soto betawi. (duduk di pojok dekat dengan lemari pendingin minuman)
PELAYAN 1  : makan Mas? (sambil membersihkan meja tempat di depan Adi duduk)
ADI                  : soto satu yah lengkap (kali ini Adi menjawab dengan semangat) terbayang nikmatnya sarapan pagi dengan soto Betawi.
Warung soto mulai agak ramai ada beberapa pelanggan yang juga nekat duduk dan memesan seperti Adi.
IBNU               : Hey, Adi! (seorang pemuda  sebaya Adi menyapa ) wah mimpi apa yah bertemu juragan bengkel.
ADI                  : mimpi digigit ular piton ( Adi balas menyapa dan memeluk pemuda itu yang ternyata teman SMP yang  sudah lama tak berjumpa dan sekarang sekolah di SMA swasta)
IBNU              : pagi-pagi dah di sini, wah bolos yah (menepuk pundak Adi)
ADI                 : (tertawa) eh, orang seperti aku mana pernah sih bolos. Sudah duduk di sini (menunjuk bangku kosong di depan mejanya)
IBNU              : kalau bukan bolos kok pagi sudah disini? kalau aku memang sekolah siang
ADI                  : tinggal di mana sekarang Nu ( tersenyum)
IBNU               : masih di Cijantung. Kata teman-teman SMP kamu pindah rumah yah?
ADI                  : kata siapa? (perbincangan mereka terhenti karena soto yang dipesan Adi sudah datang)  loh kamu tidak makan Nu?
IBNU               : kebiasan kamu tuh masih saja yah, ditanya tidak pernah beres jawabannya. Pantas saja guru-guru kaget nilai ujian nasional kamu bagus ajaib bisa jawab padahal kalau ditanya tidak pernah jelas jawabannya (Ibnu sedikit menggerutu karena dua pertanyaannya tak dijawab Adi)
ADI                  :  wah ini yang salah, aku juga tanya kamu tidak jawab
Ibnu menggaruk-garuk kepalanya yang jadi gatal dengan perkataan Adi.  Sementara Ibnu masih bingung, Adi sudah melahap habis soto betawi tanpa sisa .
IBNU                 : hehehehehe iya yah sama dong kita. Aku beli dibungkus untuk guruku. Kemarin pesan kalau lewat warung soto tolong dibelikan.
Kami ngobrol ke sana ke mari sambil makan. Adi  yang lebih dahulu menuntaskan tugasnya menghabiskan semangkok soto. menawarkan Ibnu untuk makan soto ternyata satu mangkuk belum cukup buat Adi. Ia memesan satu mangkuk tanpa nasi.
ADI                 : Nu, belum sarapan kan? Pesan sana satu mangkok biar aku yang bayar.
Mendengar janji Adi yang akan mentraktirnya Ibnu jadi semangat. Kebetulan perutnya sudah keroncongan walau tadi sudah sarapan nasi goreng di rumah. Tawaran manis yang tak mungkin ditolak..
IBNU              : Mas, soto lengkap satu lagi yah. Jangan lupa nasinya yah.
ADI                  : bagaimana kabar Tasha pacarmu? Adi mengusik keasyikan Ibnu yang siap tempur dengan semangkuk soto betawi dan sepiring nasi.
IBNU              : Tasha yang mana? Mulutnya sudah penuh dengan nasi plus kuah soto
ADI                  : aduh Pak, jangan pura-pura lupa yah, Tasha yang waktu itu kau kirimi bunga mawar di hari ulang tahunnya. Masa lupa aku aja ingat (Adi menatap Ibnu penuh selidik)
IBNU               : oh, Tasha yang aku kasih bunga mawar tiga puluh tangkai yah ( kali ini Ibnu tertawa terbahak-bahak) soalnya ada Tasha juga di sekolahku.
ADI                 : bener, yang langsung seketika itu juga mau jadi pacarmu?
IBNU               : Wah kalau ingat kejadian itu jadi lucu banget.(menghentikan makannya).  Tahu gak Di, mawar itu aku ambil sehari sebelumnya dari pesta pernikahan adik sepupu ibuku. Selesai acara pesta di gedung, banyak bunga yang dibawa ibuku. Katanya sayang. Nah kebetulan besok ulang tahun Tasha jadilah mawar  itu aku kasih ke Tasha. (tawa Ibnu memenuhi warung soto yang tidak seberapa besar)
ADI                  : bagus banget tuh ide, aku yang naksir Tasha dari kelas 7 jadi minder lihat bunga yang kamu kasih. (Adi jadi ikut tertawa membayangkan bagaimana reaksi Tasha kalau tahu itu bunga mawar sisa).
IBNU               : eh Tasha kan rumahnya dekat warung soto ini, dia juga sekolah siang kita telepon yuk suruh kesini, biar seru.
ADI                 : boleh siapa tahu belum berangkat sekolah kan masih pukul 10.
Ibnu menelpon Tasha. Perbincangan dengan semangkuk soto tentang masa SMP semakin seru dan hangat sehangat kuah soto yang cepat tuntas diselesaikan Adi dan Ibnu
.
ADEGAN II

TASHA              :  (berjalan pelan-pelan mendekati tempat duduk Ibnu dan Adi) ayo, sedang bicarakan aku yah?
ADI                    : akhinya permaisuri Ibnu datang juga hahahaha putri bunga mawar (Adi meledek Ibnu yang untungnya sudah tuntas makan) apa kabar Tas? (menjabat tangan Tasha)
TASHA              : Alhamdulillah baik bapak Adi, kamu bagaimana kabarnya? Katanya sudah jadi juragan yah? (menyalami Ibnu juga dengan menempelkan jarinya ditangan Ibnu)
IBNU              : wah curang gilran aku hanya nempel dikit, takut kena virus yah?
TASHA            : Iya virus bodol ( menggeser kursi dan duduk di sebelah Adi atau menghadap Ibnu.) oh yah kenalkan temanku Ines. Untung waktu Ibnu telepon aku baru saja mau berangkat sekolah.
IBNU                 : Kamu ke sekolah naik motor Tas? Melihat ke depan  warung ada motor terparkir
TASHA           : Bukan itu motor Ines, aku nebeng aja kok.
INES               : apa sih kok nebeng, yang beli bensin siapa? ( Ines mengambil posisi duduk di sebelah Ibnu dan Tasha di sebelah Adi)
TASHA           : Eh mau dong sotonya, bayarin yah Di? Lapar nih  berdua dengan Ines (melirik Adi yang tentu saja jadi merah mukanya, Ibnu saja makan soto karena ditraktir Adi eh Tasha dengan polosnya meminta dari Adi)
ADI                 : (gengsiku tentu saja muncul Tasha adalag gadis yang aku taksir sejak SMP) Bolehlah, makan aja pesan (memanggil pelayan soto) dua yah mas, Tas pakai nasi gak? (berharap Tasha dan Ines tidak pakai nasi, Aku sudah memperkirakan berapa yang harus dibayar soto plus nasi)
IBNU              : iyalah pakai nasi sekalian makan siang. (melirik Adi yang mulai gelisah)
TASHA           : benar sekali pak juragan, berhubung ini makan siang buat stamina di sekolah
INES               : Mas, saya pesan es jeruk yah.
TASHA           : sama mas, saya juga jadi es jeruknya dua yah
Aku yang mendengar pesanan Ines dan Tasha semakin gelisah  keringat dingin mulai muncul dan rasanya matahari pagi semakin panas saja. sementara Ibnu sibuk bertanya perkembangan sekolah dan teman-teman SMP mereka yang lain.
ADI                    : jadi hubunganmu dengan Ibnu bagaimana Tas? Masih lanjut yah? (aku memandang Ibnu dengan rasa penasaran)
TASHA            : yah gak lah, masa itukan aku masih lugu, polos, dan gampang dibohongi. Hanya gara-gara teman-teman bersorak karena aku terima bunga, dengan polosnya aku didaulat jadi pacar Ibnu.
ADI                 : oh jadi kamu tahu cerita tentang mawar itu?
INES               : aku yang tahu
ADI                 : loh kok kamu tahu, kan kamu tidak satu sekolah dengan kami?
INES               : iya aku memang tidak satu sekolah, Tasha teman aku bimbel.  Malamnya aku ke rumah Tasha dengan teman-teman disitulah Tasha cerita dikasih mawar banyak sekali. Aku lihat mawarnya trus aku bilang kalau kemarin aku lihat mawar ini di pesta.
TASHA            : saat itu aku langsung marah dan buang mawar itu (sambil tertawa) aku tahulah darimana anak SMP bisa membeli mawar sebanyak itu kalau tidak dapat secara gratis.
IBNU               : (suaranya pelan dan terdengar pasrah) yah namanya usaha Tas, buktinya kamu langsung klepek-klepek hanya gara-gara mawar. Hehehehe (aku kagum pada Ibnu yang selalu jujur apa adanya dan percaya diri )
Adi, Ines, dan Tasha tertawa bersama mendengar ucapan Ibnu.
TASHA              : (sambil menyantap soto) masa SMP yang lucu yah. Kalau ingat aku suka tertawa sendiri nih.
Wajahku semakin memerah gelisah aduh berapa harus aku bayar yah, bagaimana membayar soto dan minuman yang dipesan tasha dan temannya. Kalau hanya membayar untuk Ibnu aku masih ada uang. Cerita mawar itu hanya untuk mengalihkan hatiku yang mulai tak karuan..
IBNU                 : jangan tegang gitu kenapa Di, santai saja itukan masa lalu. Masih berharap dengan Tasha? (ucapan Ibnu membuatku sedikit jengah dan malu)
Ibnu tidak tahu apa yang berkecamuk di dada Adi, gara-gara gengsiku akhirnya begini ini, mau cari muka di hadapan wanita yang pernah aku taksir dulu, malah sekarang aku jadi bingung sendiri. Pikiranku  melayang ke mana-mana apa telepon teman saja pinjam uang yah.. aku ingat cerita yang sudah melegenda dan sering dia tonton di sinetron bahwa  ada kartu sakti yang bisa menyelamatkan muka bila tak ada uang untuk membayar: “KTP”. Untungnya dua bulan yang lalu usianya sudah layak dapat KTP.
ADI                    : Nu, aku ke depan sebentar yah mau tanya pesanan soto guruku sekalian bayar. (sedikit berbohong)
IBNU              : oke Di, kami tunggu di sini atau ikut? Punyaku jadikan Di (Ibnu mengingatkanku bahwa sesuai janji soto yang dimakan Ibnu, aku yang bayar. (aku tunjukkan jempol tanda setuju)
ADI                    : sip,  aku balik kok hanya sebentar (bisa gawat kalau Ibnu dan Tasha tahu KTP mau aku gadaikan bisa turun nih gengsi. Lagi pula kenapa tadi aku setuju  mengajak Tasha)
Adegan III

TASHA              : terima kasih bapak Adi juragan bengken, sering-sering yah traktir ( naik ke boncengan motor)
ADI                    : (aku tersenyum) Oke Tas, nanti kumpul dengan teman kelas yah. Tentukan tempat dan tanggal
TASHA           : Wah pak Adi mau traktir lagi nih. Eh Ibnu mana? ( Ibnu tak ada di depan warung soto tempat Ines parkir motornya)
ADI                 : biasa anak itu kalau habis makan suka beser,  (sedikit menjatuhkan sih ucapan Ibnu)
IBNU               : ( setengah berlari sambil melambaikan tangan minta ditunggu) sori tadi ke toilet dulu hehehe
ADI                 : tuh benerkan apa kataku itu si raja beser ( meninju perut Ibnu)
INES           : (menurunkan kaca helm) aku kira mencari bunga lagi mau gombal sama Tasha (tertawa)
Rasanya Adi bangga bisa menunjukkan pada Tasha dan temannya bahwa dia adalah laki-laki yang bertanggung jawab karena bisa mentraktir temannya. Tidak seperti Ibnu yang tidak peduli.
TASHA           : Yuk kami duluan yah takut terlambat sekolah.
INES               : senang berkenalan sambil ditraktir nih sambil tersenyum ke arah Adi.
Hatiku semakin berbunga-bunga karena teman Tasha pun akhirnya menyadari bagaimana tanggungjawabku pada mereka. Pertemuan yang tidak sia-sia, sampai di rumah akan aku telepon Tasha. Nomor teleponnya siudah aku minta tadi.
ADI                  : Nu, mau ke sekolah bareng aku. Gak? (tawaran Adi jadi surga buat Ibnu)
IBNU               : wah iya dong masa rezeki ditolak sih  daripada naik angkot. Tapi gak apa-apa kamu antar aku rumahmu kan tidak searah. (langsung naik ke boncengan motor Adi)
Sebenarnya rumahku tidak melewati rute sekolah Ibnu, tapi aku ingin membuktikan pada Ibnu kalau aku juga perhatian padanya bukan hanya pada Tasha. Selain itu aku juga punya misi khusus, aku ingin Ibnu menemaniku mendekati Tasha.
ADI                 : sudah sampai Nu, gak perlukan aku antar ke depan kelas hahahahaha
IBNU               : (suaranya seperti waria yang sering ngamen di jalan ) idih mas bisa aja deh, emang aku tuh laki-laki LGBT githu.
ADI                 : ihhhh jijik deh Nu, persis banget sih hahahahaha.
IBNU              : makasih yah sayang sudah mengantarkan aku tanpa cacat. (telapak tangannya ditempelkan di bibir dan meniupnya ke arah Adi)
ADI                 : Ibnuuuuuu parah juga nih anak. Udah ah aku mau pulang. (menstater motornya) sudah yah aku pulang.
IBNU              : Eh lupa,Di ini tadi ketinggalan di warung soto. (Ibnu menyerahkan amplop padaku.
ADI                 : Apa nih? (tanya Adi)
IBNU              : tadi waktu aku ke toilet tertinggal kata pelayan (sambil menepuk pundak Adi)
ADI                 : (membuka amplop isinya KTP dan uang ongkos sekolah yang tadi aku bayarkan sebagai jaminan di warung soto) Ibnu ini apa?
IBNU              : lain kali kalau meninggalkan sesuatu jangan yang berharga yah fren (Ibnu tersenyum padaku)
ADI                    : jadi tadi, bukan beser? (Ibnu hanya tersenyum)
IBNU               : aduh apa sih kenapa jadi melo gini Di, gara-gara KTP. Makanya jujur aja lain kali. Untung aja aku bawa duit kalau gak bisa digadai juga nih motor ( menepuk motor Adi)
ADI                  : paling tidak harga diriku sudah terselamatkan Di, terima kasih yah. Suatu saat aku balas deh, makan soto sepuluh mangkok. (wajah Ibnu tersenyum)
IBNU              : yuk di, aku dah ditunggu nih, selamat menuntut ilmu yah.
ADI                 : idih salah apa tuh ilmu sampai dituntut hahahahaha
ADI                 : dasar Ibnu masih saja bisa jadi canda.
IBNU         :  lain kali kalau mau ditaksir perempuan pakai bunga aja tuh , tapi bunga BANK. Hahahaha
                      Hari ini aku mendapat pelajaran yang berharga tentang arti sebuah kejujuran. bukan hanya itu aku mengerti mengapa menjalin sebuah persahabatan itu susah.Aku tahu jujur itu memang indah, dan yang lebih indah adalah persahabatan.

END
(Bunda Nara September 2016)

Back Home Pasien Covid

Good bye Wisma Atlet Hari ke-14 di Wisma Atlet "Menunggu Surat" Senin, 4 Januari 2021 Ini hari ke-14 di Wisma Atlet. Katanya kami ...