Thursday, July 9, 2020

Arti Merdeka Belajar di Tengah Pandemic Covid-19


Belajar Arti Merdeka


Baca Teks berikut dan KERJAKAN TUGAS LITERASI  diakhir teks!!!




Jika terdengar lagu Indonesia Raya apa yang akan kamu lakukan?
Tahukah kamu sebelum negara kita merdeka memekikkan kata "Merdeka" harus memperjuangkan nyawa. Perjuangan bangsa kita bukan dongeng, bukan omong kosong. Semua dilakukan agar bangsa kita tercinta ini bisa terbebas dari semua bentuk penjajahan.
Kemerdekaan berarti negara tersebut telah terlepas dari penjajahan dan memiliki hak dalam mengatur wilayahnya tanpa campur tangan negara yang menjajah. Kemerdekaan juga berarti suatu negara telah terlepas dari belenggu negara penjajah.


Pertanyaannya apakah kita sudah “merdeka”?
Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara. Bangsa yang bebas menentukan kemana akan di bawa kapal besar yang bernama “Indonesia”.
Sebagai pelajar arti merdeka menempatkan pada bebas mendapatkan pendidikan dan menentukan kemana dan dimana kita dapat belajar. Tetapi apakah sebebas itu? Di tengah wabah Copid-19 kebebasan untuk bertatap muka dengan guru dengan teman sudah terbelenggu. Pemerintah menganjurkan sekolah dilakukan dengan “daring” atau belajar tanpa tatap muka. Bukankah kebebasan kamu sudah terengut? Kamu tidak bisa bebas kemanapun yang kamu suka, yang paling membosankan adalah kamu harus melakukan semua aktivitas dari rumah.
Terpikirkah olehmu mengapa semua itu harus dilakukan oleh pemerintah? Banyak rumor bilang virus itu tidak ada kita hanya ketakutan? Apalagi jika LITERASI tidak kamu lakukan. Kebebasan kamu memang tercabik dengan adanya pandemic covid -19 ini. Pemerintah mengambil langkah karena demi nasib bangsa dan anak-anak bangsa yang akan meneruskan kapal Indonesia. Belajar dari rumah, melakukan aktivitas di rumah, dan semua dilakukan di rumah menjadikan kita tidak merdeka. Semua yang kita lakukan akan merdeka jika kita tahu maksud dan tujuan semua itu. Demi kepentingan bersama demi kesehatan bersama dan demi negara kita tercinta.
Kita harus bersyukur karena pandemic ini terjadi ketika bangsa kita dan seluruh dunia sudah semakin maju dengan perkembangan teknologi komunikasi. Semua sudah diatur. Kebebasan yang terengut dapat kita merdekakan dengan terus menggali potensi diri. Kamu harus bersyukur, wabah ini terjadi ketika zaman  yang semuanya serba cepat dan tersedia. Sehingga sudah semestinya generasi kita mensyukuri untuk setiap nikmat kemerdekaan yang kamu alami dan rasakan semenjak terlahir ke dunia. Sesuai dengan apa yang telah Ir Soekarno katakan “Tuhan tidak mengubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu mengubah nasibnya”.
Nah, apa yang sudah kamu berikan untuk bangsa terutama lingkungan sekitarmu ketika kamu harus melakukan segalanya dari rumah? Ingat merdeka bukan berarti kita bebas tanpa aturan. Belajar dari rumah juga ada aturan. Merdeka belajar dari rumah adalah mengikuti semua jam pelajaran yang diberikan guru. Jadwal yang diberikan dan juga berpakaian sebagaimana mestinya sesuai dengan hari kamu bersekolah.Menyediakan semua kebutuhan pelajaran tanpa membebani orangtua.
Memang terasa membosankan dan mengada-ada, sebenarnya itu biasa saja karena memang kita sedang aktif belajar. Ketika pembelajaran usai kamu bebas lagi melakukan aktivitas. Bahkan kebebasan kamu rasakan ketika kamu mandiri untuk belajar. Guru yang kamu tanya hanya memberikan sedikit informasi tentang materi. Nah, disanalah arti penting sebuah kemerdekaan. Kamu dapat mengeksplorasi semua bahan bacaan dan kamu dapat mencoba semua yang bisa kamu lakukan.
Pahlawan bangsa kita dulu berjuang untuk merdeka. Mereka bahkan terengut kebebasannya di dalam penjara. Di dalam penjara dan para pejuang itu tetap berjuang walau kebebasannya terengut. Mereka berjuang dengan pena dan tinta. Para pejuang bersatu dan saling menguatkan untuk membawa kemerdekan bagi bangsa Indonesia.
Pandemic Covid-19 memang membuat resah dan menjadikan beberapa masyarakat terpuruk ekonominya.  Pandemic ini mengubah kebiasaan dan juga perkembangan emosi. Banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bangsa. Hal semacam itu yang harus selalu kita hindari. Saling menguatkan dan memberi motivasi untuk berjuang melawan covid-19. Jika semua saling menguatkan maka kita sudah menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Jangan saling menyalahkan dan menjatuhkan. Semua yang kita lakukan sekecil apapun akan sangat bermanfaat buat semua.
Seperti kutipan yang pernah dikatakan oleh Bung Karno "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri".
Hal tersebut menandakan, kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan. Saat ini kita harus tetap berjuang melawan segala hal yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur.
Merdeka belajar dan merdeka berkreasi di tengah keterbatasan itu luar biasa. Kita harus memaknai kemerdekaan dengan baik.

Nah, bagaimana? Apa pendemic covid 19 merengut kemerdekaanmu?
Kamu dapat menuliskan  pengalamanmu Belajar Dari Rumah pada LINK LITERASI 
Kelas 7 KLIK Link  KELAS 7  
Kelas 8 KLIK Link  KELAS 8
Kelas 9 KLIK Link  KELAS 9
Tim Literasi Dugas akan memilih 5 terbaik dari tulisanmu.

105 comments:

  1. Ya
    Pandemic covid 19 merengut kemerdea
    Kaan indonesia karena virus ini banyak menyakiti manusia dan juga virus ini membuat orang malas di rumah aja dan slalu di rumah aja.

    ReplyDelete
  2. Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  3. Nama : Dikki Arya lingga
    Kelas : 8i
    Absen : 11
    Kamis : 6 08 2020
    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  4. Grace Vita YolandaAugust 5, 2020 at 4:56 PM

    Kelas 7A

    ReplyDelete
  5. Pelajaran yg sangat menyenangkan

    ReplyDelete
  6. Nama:Dini Sauqi
    Kelas:8i


    Ya
    Pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena virus ini banyak menyakiti manusia dan juga virus ini membuat orang malas di rumah aja dan slalu di rumah aja.

    ReplyDelete
  7. Nama:ALIF ZIQRI PUTRA RIYADI
    KLS:8I
    ABSEN:4


    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  8. Nama: Zhafirah Natasya Putri Raya
    Kelas : 8b
    Absen: 35

    Iya.
    Pada pandemi ini kita di anjurkan oleh Pemerintah untuk sekolah online/PJJ. Akan tetapi, beberapa anak tidak bisa menimba ilmu jika semua nya serba onlen, materi yang di sampaikan guru jadi kurang paham. Sementara itu, sebagian anak bahkan lebih senang bersekolah online.
    Covid-19 juga sudah menyerang banyak masyarakat Indonesia. Jadi, untuk saat ini, semua bentuk peraturan Pemerintahan adalah yang terbaik untuk semua.

    ReplyDelete
  9. Nama : Melati Dwy Winanta
    Kelas : 8 I
    Absen : 21

    Ya, pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena corona atau yang disebut dengan covid 19 ini sudah menyebar ke berbagai negara atau daerah dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita stay at home untuk mengurangi jumlah penduduk atau orang, itu membuat kita bermalas malasan dirumah, dan kurang memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  10. Nama : Nurul Aulia S.
    Kelas: VIII-I
    Absen: 27

    Belajar di masa covid-19 memanglah tidak mudah,sering kali kita mengalami kesulitan tetapi dengan adanya covid-19 tidak boleh mengurangi rasa semangat kita untuk terus menuntut ilmu,belajar dengan bimbingan guru walaupun jarak jauh,kita tidak bisa bertatap muka secara langusung dengan guru-guru dan bertanya secara langsung,kita tidak memiliki kebebasan sepenuhnya karena covid-19 ini,kita tidak boleh menyerah akan keadaan yang seperti ini tetaplah bersemangat,bejar itu dimana saja dan kapan saja jadi belajar dirumah pun tidak jadi halangan kita,dan tetaplah jaga kesehatan dan kebersihan walah dirumah saja,ingat kelak kita adalah penerus bangsa masa depan bangsa Indonesia ada di tangan kita.

    ReplyDelete
  11. Farhana Chairunnissa
    8H//9

    ya karena
    Pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena virus ini banyak menyakiti manusia,mengurangi jumlah manusia dan juga virus ini membuat orang malas di rumah aja dan selalu di rumah aja.Tetap semangat walau dirumah saja dan juga tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  12. Nama:Aris Haryanto
    Kelas:8C

    Ya
    Pandemic covid 19 merengut kemerdekaan bangasa indonesia karena virus ini sangat berbahaya yang bisa seluruh warga indonesia akan tertularnya virus ini.dan sejumlah warga sekitar akan resah karena tidak bisa jauh kemana,tidak bisa salam-salaman dan sebagainya..
    Dan siswa yang harus melaksanakan sekolah during/home learning.
    Tetapi Kita tidak boleh menyerah kemerdekaan dan segi apapun.
    kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  13. Rafif Ghiyas Muqtafi(28)
    9i

    Ya, pandemi covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena corona atau yang disebut dengan covid 19 ini sudah menyebar ke berbagai negara atau daerah dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita stay at home untuk mengurangi jumlah penduduk atau orang, itu membuat kita bermalas malasan dirumah, dan kurang memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  14. Nama : Keisya Adhara Putri
    Kelas: VIII-D

    Ya pandemic covid 19 telah merenggut kemerdekaan indonesia karena corona yang disebut dengan covid 19 tidak sedikit pun mengurangi rasa semangat kita untuk belajar,meskipun pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau dirumah. Kita harus tetap semangat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dirumah

    ReplyDelete
  15. Nama jihan Nadiyah Imami
    Kelas 7E
    Absen 16
    Ya pandemi ini merenggut kemerdekaan pandemi ini membuat kita membatasi aktivitas seperti tidak sekolah di sekolah bersama teman teman

    ReplyDelete
  16. Nama:Anindya Caesara
    Kelas:8i

    Ya, karena adanya pandemic Covid-19 kebebasan kita terbelenggu. Kebebasan dalam bertatap muka, kebebasan untuk berkumpul bersama dengan teman semua terbelenggu karena pandemic Covid-19 dan karena adanya pandemic Covid-19 banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan bangsa. kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan. Saat ini kita harus tetap berjuang melawan segala hal yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur.

    ReplyDelete
  17. Nama : Farid Hidayat
    Kelas : 8I

    Ya, karena pandemic Covid 19 ini membuat kita takut akan bahayanya tertular virus ini dan membuat kita terkekang tidak bisa kemana-mana, tidak bisa bersekolah maupun berkegiatan di luar rumah karena virus ini membuat orang takut. Hal ini tentu merenggut kebebasan kita dalam beraktivitas seperti biasa.

    ReplyDelete
  18. Nama:Budi Santoso
    Kelas:8H
    Abden:06

    Belajar dimasa covid-19 memanglah tidak mudah sering kali kita mengalami kesulitan tetapi dengan adanya covid-19 tidak boleh mengurangi rasa semangat kita untuk terus menuntut ilmu,kita masih bisa belajar dengan guru melalui program PJJ(Pembelajaran Jarak Jauh) .

    ReplyDelete
  19. Andress Palop 9A (05)
    Iya karna pandemi ini membuatku ada keterbatasan untuk melakukan aktivitas walau begitu saya tidak akan berhenti berproduktif untuk melakuoaj sesuatu dirumah saja dan berusaha sebaik mungkin

    ReplyDelete
  20. Nama:Chelsea Maythree Livia
    Kelas:8B
    Dengan pendemi covid 19 ini kita di suruh belajar di rumah untung mengurangi penyebaran virus ini akan tetapi dengan di suruh belajar di rumah membuat bosen tapi kita harus terus semangat dalam pendemi ini.

    ReplyDelete
  21. Nama:Achmad Hersana
    Kelas:8B
    Absen:1




    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun dan segidan segi apapun, apalagi sekarang sudah ada virus yang mematikan yaituyaitu virus covid-19 kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita direnggut oleh virus covid-19 yang mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah, dan tetap jaga kesehatan.
    Reply

    ReplyDelete
  22. Daniel 9B
    .
    .
    .
    .
    .

    Social Distancing
    Melansir dari The Atlantic, social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

    Sedangkan menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia.

    2. Work From Home (WFH)
    Mengutip BBC, work from home diartikan dengan berkerja dari rumah. Kamu tidak perlu lagi pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaanmu, demi mencegah risiko tertular virus corona Covid-19.

    3. Lockdown
    Dalam kasus virus corona, lockdown dilakukan untuk mengunci akses masuk dan keluar sebuah daerah atau negara untuk mencegah penyebaran penularan virus corona. Lockdown mengharuskan sekolah, tempat umum, transportasi umum, bahkan industri untuk tidak menjalani aktivitas sementara waktu.

    ReplyDelete
  23. Nama : Jihan Dwi Putri
    Kelas : 8D

    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  24. Nama:Meily
    No absen:23
    Kls:7C

    Demi menghilang kan virus corona kita tetap harus di rumah aja walaupun membosankan

    ReplyDelete
  25. Nama : Delimaria Sinaga
    Kelas: VIII-D
    No.Absen:06

    Ya,karena pandemic covid-19 ini membuat kita takut akan bahaya nya virus ini.Dan membuat kita takut keluar dari rumah,hal ini tentu merenggut kebebasan kita dalam beraktivitas.Meskipun tidak bebas dalam beraktivitas,kita harus tetap waspada, semangat,serta mematuhi aturan aturan yang dibuat oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  26. Nama:Muhammad Irzadinata
    Kelas:8H
    Tgl:06 08 2020

    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  27. Nama : Sahala Septiano Vincencius Caesar Manulang
    Kelas : 8D
    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  28. Nama :Muhamad Raafy
    Kelas:9E
    No. :19


    Jika ingin menghilangkan firus saat keluar kita harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai maseker social distancing atau kita berdiam di rumah walau membosankan

    ReplyDelete
  29. Nama:Arsya Wardana
    Kelas:8H

    Iya karena sesuai yang dituliskan di teks tersebut kemerdekaan adalah kebebasan maka dari itu kemerdekaan kita untuk bertatap muka dan belajar di sekolah diambil oleh pademi virus covid-19 maka dari itu kita juga harus mntaati aturan pemerintah

    ReplyDelete
  30. Nama:Aprizal Aditia Komo Wullah
    Kelas:8H

    Ya
    pandemic Covid 19 merenggut kemerdekaan kita karena virus ini menyebabkan orang orang menjadi tidak bebas pergi kemana mana,sistem pembelajaran pun kurang efisien karena kita menggunakan pembelajaran jarak jauh yg tidak bertatap muka sehingga membuat kita sulit bertanya materi

    ReplyDelete
  31. Nama:Rafli Anggiat Lubis
    Kelas:8H
    Abs:24
    -----
    mewabahnya virus covid ini membuat warga Indonesia sulit beraktivitas seperti biasanya, seperti sekolah, bekerja, dan aktivitas lainnya yang dilakukan di luar rumah, namun seiring perkembangan zaman. sekarang sudah serba modern, oleh karena itu, kita tidak perlu khawatir akan keterbatasan aktivitas kita diluar rumah, kita bisa menggunakan Smartphone dengan internet, kita sudah bisa belajara atau pun bekerja dari rumah(WFH).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama :Ramadhan Deva Asyarhum
      Kelas:8F
      Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan.

      Delete
  32. Nama: Indah Sekar Arum
    Kelas: Vlll H
    Absen: 11

    Ya karena
    Dimasa pandemic virus ini, aktivitas kita menjadi terganggu. Kita tidak bisa pergi kemana mana dan pemerintah menganjurkan kita untuk dirumah saja, termasuk sekolah dari rumah. Walaupun belajar dari rumah banyak siswa yang rumah kesulitan. Tetapi tidak mengurangi rasa semangat untuk belajar.

    ReplyDelete
  33. Nama : Agne Kamila Sari
    Kelas: 8H
    Absen: 1

    -Semua yang kita lakukan akan merdeka jika kita tahu maksud dan tujuan semua itu. Demi kepentingan bersama demi kesehatan bersama dan demi negara kita tercinta

    - kebebasan untuk bertatap muka dengan guru dengan teman sudah terbelenggu. Pemerintah menganjurkan sekolah dilakukan dengan “daring” atau belajar tanpa tatap muka.

    -Semua yang kita lakukan akan merdeka jika kita tahu maksud dan tujuan semua itu. Demi kepentingan bersama demi kesehatan bersama dan demi negara kita tercinta.

    ReplyDelete
  34. Nama: Vanessa Uly Aurellia Sianipar
    Kelas: 8C
    No. Absen: 31

    Ya, pandemi Covid-19 ini merenggut Kemerdekaan Indonesia. Karena, kita harus tetap melakukan kegiatan apapun dirumah, Dan saat keluar rumah juga kita harus memakai masker dan sering menggunakan hand sanitizer. Dan kita sebagai pelajar harus tetap rajin dan giat belajar walau ditengah pandemi Covid-19. Kita harus tetap mengikuti aturan dari pemerintah.
    SEMANGAT SELALU!!!

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  36. Nama:MOHAMMAD ARYAN FADILLAH
    Kelas:8H
    Abden:16

    Belajar dimasa covid-19 memanglah tidak mudah sering kali kita mengalami kesulitan tetapi dengan adanya covid-19 tidak boleh mengurangi rasa semangat kita untuk terus menuntut ilmu,kita masih bisa belajar dengan guru melalui program PJJ(Pembelajaran Jarak Jauh) .

    Reply

    ReplyDelete
  37. Nama:zefanya lenata
    Kelas:8C
    Absen:36

    Iya.

    Kita tidak boleh menyerah untuk kemerdekaan indonesia,apalagi sekarang ada virus yang mematikan covid-19 dan kita harus semangat juga untuk melawan virus yang mematikan itu,semenjak ada nya covid-19 kita harus belajar online/pjj dan karna kita banyak waktu luang dirumah kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

    ReplyDelete
  38. Kita tidak boleh menyerah karena pahlawan kita tidak pernah menyerah, dan
    Kita harus mencontohkan mereka,walaupun sekarang ini negara kita terkena
    Virus yang mematikan kita harus waspada dengan hal itu
    -Yoga putra pratama/9f

    ReplyDelete
  39. Nama:sedian
    Kelas:8c



    Iya karena sesuai yg di tuliskan di tesk tersebut kemerdekaan kita untuk bertatap muka dan belajar di sekolah sambia oleh pandemi virus corona-19maka dari itu kita harus mentaati aturan pemerintah

    ReplyDelete
  40. Nama:Jevon Andrew Simaela
    Kelas:8D
    Absen:11
    Ya,kita tidak dapat bersekolah dengan cara bertatap muka sehingga semua di lakukan dari rumah dan ruang gerak kita terbatas untuk beraktivitas.

    ReplyDelete
  41. Kita tidak boleh menyerah karena pahlawan kita tidak pernah menyerah, dan
    Kita harus mencontohkan mereka,walaupun sekarang ini negara kita terkena
    Virus yang mematikan kita harus waspada dengan hal itu
    -Yoga putra pratama/9f

    ReplyDelete
  42. Nama : mahisi dharma jati aliman
    Kelas : 7c
    No absen : 21

    1. covid 19 adalah virus yang sangat berbahaya bahkan menimbulkan kematian virus ini belum ada obat nya sampai sekarang hanya yang imunitas antibodi nya yang kuat yang bisa selamat dari virus ini
    2 .tetap terus belajar ,selalu mengerjakan tugas
    membantu orang tua
    3. tidak efektif nya karena tidak bisa bertanya langsung pada guru apa bila ada materi yang sulit di mengerti/gangguan internet
    4 tetap semangat dan optimis

    membiasakan diri dan juga berusaha memahami mapel tugas yang ada

    5 semoga walau pun belajar di rumah kami bisa tetap berprestasi dan ingin segera kembali seperti biasa sekolah di sekolah dan permasalahan covid-19 cepat bisa d selesai.

    Wasalmmualaikum

    ReplyDelete
  43. Nazwah Aurelia
    8H//21

    Ya, pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena corona atau yang disebut dengan covid 19 ini sudah menyebar ke berbagai negara atau daerah dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita stay at home untuk mengurangi jumlah penduduk atau orang, itu membuat kita bermalas malasan dirumah, dan kurang memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  44. Nama:judith Priscilla sumoan
    Kelas:8B

    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  45. Nama: Kayla Machiko Anindya
    Kelas:8B
    No absen:17

    Kita harus tetap semangat walaupun adanya pandemi covid-19 dengan cara selalu mengikuti protokol kesehatan dari kementerian kesehatan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  46. Livia putri jullaika
    VIII C
    Absen 14
    Pandemic covid 19 merengut kemerdea
    Kaan indonesia karena virus ini banyak menyakiti manusia dan juga virus ini membuat orang malas di rumah aja dan slalu di rumah aja.

    ReplyDelete
  47. Tania Dwi Lestari
    Kelas:9-A

    Disaat pandemi sepeti ini sudah jelas bahwa ini sangat merengut kemerdekaan kita.Karena yang biasanya saya dan tetangga saya lakukan ketika hari kemerdekaan adalah mengadakan lomba,guna untuk menghargai perjuangan para pahlawan dan berpartisipasi merayakan kemerdekaan.Tetapi tidak apa selama pandemi ini yang terbaik untuk kita.Agar kita tidak terkena virus covid-19 dan selalu sehat.

    ReplyDelete
  48. Nama:Izza khulaifatul m
    Kelas:8H
    Absen:12

    Ya,karena adanya covid 19 kita harus melakukan semua kegiatan di rumah dan kebebasan kita di renggut oleh virus covid 19 dan kita tidak boleh menyerah kita harus semangat,berusaha,berdoa,dan tetap di rumah agar Covid 19 hilang

    ReplyDelete
  49. Nama:muhammad fajar bagaskoro
    Kelas 8j
    Absen 19
    Ya
    Pandemic covid 19 merengut kemerdekaan bangasa indonesia karena virus ini sangat berbahaya yang bisa seluruh warga indonesia akan tertularnya virus ini.dan sejumlah warga sekitar akan resah karena tidak bisa jauh kemana,tidak bisa salam-salaman dan sebagainya..
    Dan siswa yang harus melaksanakan sekolah during/home learning.
    Tetapi Kita tidak boleh menyerah kemerdekaan dan segi apapun.
    kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  50. Nama:Muhamad Ramdani
    Kelas:VIII-C
    No.absend:15
    Ya,pandemi virus covid-19 merenggut kemerdekaan kebebasan kita.Meskipun tidak bebas dalam beraktivitas,kita harus tetap waspada, semangat,serta mematuhi aturan aturan yang dibuat oleh pemerintah
    Sekian terimakasih:)

    ReplyDelete
  51. Nama : Keisha Davina Poetri
    Kelas: 8h
    Absen: 13

    Iya , karena dengan adanya pandemi covid-19 ini kita menjadi belajar di rumah , serba di rumah , walaupun begitu kita tidak boleh menyerah , kita harus bisa lawan covid-19 ini dengan mengikuti protokol kesehatan , yaitu mengunakan masker , mencuci tangan , menggunakan hand sanitizer, karena kita belajar di rumah jadi kita tidak bisa tatap muka dengan guru , bisa juga kita tatap muka dengan cara mengunakan aplikasi zoom dan lain lain , walupun kita belajar di rumah jangan menyerah dah harus jaga kesehatan .

    ReplyDelete
  52. Nama : Aulicia Audiatama
    Kls : VIII - F

    Ya, karena adanya pandemic Covid-19 kebebasan kita terbelenggu. Kebebasan dalam bertatap muka, kebebasan untuk berkumpul bersama dengan teman semua terbelenggu karena pandemic Covid-19 dan karena adanya pandemic Covid-19 banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan bangsa. kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan. Saat ini kita harus tetap berjuang melawan segala hal yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur.

    ReplyDelete
  53. M. Asy-syuhada
    VIII B
    Absen. 18
    Pedemi covid 19 merengut kemerdekaan Indonesia Karena virus ini gampang tersebar, virus ini mematikan sehingga membuat orang menjadi males keluar Dan dirumah aja #dirumahaja

    ReplyDelete
  54. Nama :viona kusjaya
    Kelas :8D
    Absen :35

    Semua yang kita lakukan akan merdeka jika kita tahu maksud dan tujuan semua itu. Demi kepentingan bersama demi kesehatan bersama dan demi negara kita tercinta

    - kebebasan untuk bertatap muka dengan guru dengan teman sudah terbelenggu. Pemerintah menganjurkan sekolah dilakukan dengan “daring” atau belajar tanpa tatap muka.

    -Semua yang kita lakukan akan merdeka jika kita tahu maksud dan tujuan semua itu. Demi kepentingan bersama demi kesehatan bersama dan demi negara kita tercinta.

    ReplyDelete
  55. Nama:Nia Novitasari
    Kelas:9F
    Ya,adanya pandemic covid saat ini membuat banyak orang sangat khawatir akan adanya covid. Sehingga banyak memakan korban korban hampir di seluruh dunia dan tetap di rumah , belajar di rumah tidak bertatap muka secara langsung dan membuat diriku ini menjadi sangat sangat jenuh dan bosan. Dan kita harus tetap menjaga kesehatan supaya tidak tertular covid 19.

    ReplyDelete
  56. Nama : Syifa Alfia
    Kelas : 8H
    Absen : 35

    Menurut saya,merenggut kemerdekaan belajar ditengah pandemi ini sangatlah tidak mudah.beberapa orang sering mengalami kesulitan dengan belajar tidak melalui tatap muka tetapi dengan adanya pembelajaran online "daring" siswa siswi dapat belajar dengan aman walaupun menurut saya tidak efektif.selain itu dengan adanya pembelajaran jarak jauh yang belajarnya berada dirumah virus-virus yang berada dijalanan tidak masuk kedalam tubuh siswa siswi
    Tetapi kita tidak boleh menyerah kita semua harus memutuskan rantai virus covid-19,selalu waspada serta tetap semangat walaupun belajar tetap berada dirumah saja:)

    ReplyDelete
  57. Nama:Ridwan Atmaja
    Kelas:8j


    Kemerdekaan tahun ini kita tidak boleh merayakan lomba atau apapun dikarenakan adanya virus covid 19 kemerdekaan tahun ini akan terasa sangat sepi tetapi ini akan membuat diri menjadi lebih baik dan menurunkan jumlah pasien covid19

    ReplyDelete
  58. Nama:Kaifiatun Najiyah
    Kelas:7E
    Absen:17

    ReplyDelete
  59. Nama : Rasya Najla Fauziya
    Kelas: 8H


    Ya,
    Pandemic covid 19 merengut kemerdekaan bangasa indonesia karena virus ini kita dibuat takut,sehingga kita tak berani keluar rumah.bisa kemungkinan seluruh masyarakat Indonesia akan tertular.
    Dan para pelajar diharuskan melaksanakan sekolah during/home learning.yang memang untuk melaksanakannya tidak gampang, kadang kala kita tidak paham dengan materi pelajaran yang diberikan.Tetapi Kita tidak boleh menyerah.kita harus tetap semangat dalam menjalankan semua ini.kita harus bersatu dan saling menguatkan.
    kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah.kita bisa belajar dimana pun dan kapanpun.dan tetap jaga kesehatan serta kebersihan dan biasakan cuci tangan serta memakai masker jika berkeperluan untuk keluar rumah.

    ReplyDelete
  60. Nama Nabil kurni
    Kls 8j
    Nomer absen 20
    Di tengah wabah copid 19 kebebasan untuk bertatap muka dgn guru dengan teman sudah terbelenggu karena pemerintah menganjurkan sekolah dgn daring.semua aktivitas di lakukan di rumah.untuk berjuang melawan covid-19 jika saling menguatkan maka kita sudah menjadi bangsa merdeka dan bersatu jangan saling menyalakan dan menjatuhkan semua yg kita lakukan sekecil apapun akan sangat bermanfaat buat semua

    ReplyDelete
  61. Nama : Mulia Daniel Sianturi
    Kelas: VIII-D

    Ya pandemic covid 19 telah merenggut kemerdekaan indonesia karena corona yang disebut dengan covid 19 tidak sedikit pun mengurangi rasa semangat kita untuk belajar,meskipun pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau dirumah. Kita harus tetap semangat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dirumah

    Reply

    ReplyDelete
  62. nama:Aura Callysta Zanajabil kelas:8H ya, karena adanya pandemic Covid-19 kebebasan kita terganggu. kebebasan untuk berkumpul bersama dengan teman dan keluarga semua terganggu karena pandemic Covid-19. kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan. Saat ini kita harus tetap berjuang melawan segala hal yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur.

    ReplyDelete
  63. Nama:Doni Surya Saputra
    Kelas:8F

    Ya,karena Pandemic Covid-19 memang membuat resah dan menjadikan beberapa masyarakat terpuruk ekonominya.Banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bangsa. Hal semacam itu yang harus selalu kita hindari. Saling menguatkan dan memberi motivasi untuk berjuang melawan covid-19.Semua yang kita lakukan sekecil apapun akan sangat bermanfaat buat semua.oleh karenw itu kita harus melawan covid19 dengan cara mengikuti protokol kesehatan,sosial distancing dan belajar/bekerja dirumah #stayathome

    ReplyDelete
  64. Nama:Raju Fajarryawan
    Kelas:8D
    No Absen:25

    Ya,karena Pandemic Covid-19 memang membuat resah dan menjadikan beberapa masyarakat terpuruk ekonominya.Banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bangsa. Hal semacam itu yang harus selalu kita hindari. Saling menguatkan dan memberi motivasi untuk berjuang melawan covid-19.Semua yang kita lakukan sekecil apapun akan sangat bermanfaat buat semua.

    ReplyDelete
  65. Nama:Windi Kaulika P.S.N
    Kelas:VIII-H
    Absen:36

    iya,pandemic covid 19 telah merenggut kemerdekaan Indonesia,karna covid 19 ini sudah menyebar ke berbagai negara dan sudah banyak orang yang terkena.Maka dari itu kita dianjurkan belajar dengan cara "daring" untuk mencegah penyebaran covid 19 ini.Dengan adanya daring kita bisa belajar di tengah pandemic ini,tanpa terkena virus covid 19.

    ReplyDelete
  66. Nama : Novita sriwahyuni
    Kelas : 8H
    Absen : 33

    Iya karena sesuai yang dituliskan di teks tersebut kemerdekaan adalah kebebasan maka dari itu kemerdekaan kita untuk bertatap muka dan belajar di sekolah diambil oleh pademi virus covid-19 maka dari itu kita juga harus mntaati aturan pemerintah, dan Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  67. Talitha Safa Sarwahita
    VIII.D
    33

    ya, menurut saya antara direngut dan tidak direngut sebenarnya. karena kita tidak bisa keluar dengan bebas, bermain dengan bebas, dan kemungkinan anak anak yang mengikuti pjj belum tentu semuanya memiliki handphone atau internet yang baik, kemungkinan juga kita tidak bisa membeli barang online maupun offline dengan leluasa. nct dream cb ot7 aamiin

    ReplyDelete
  68. Nama : Annisa Lingga Chandra Sari
    Kelas : 8H
    Absen : 2

    Ya, pandemic covid 19 sudah merenggut kemerdekaan bagi seorang pelajar, karena kita tidak bisa ke pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan tempat lainnya. Karena pandemi seperti ini semua kegiatan dilakukan dengan online bahkan kegiatan belajar mengajar juga harus online, dan kegiatan belajar mengajar seperti ini sangat tidak efektis, karena anak anak tidak mengerti dengan materi yang di berikan dengan gurunya.
    Untuk memutus rantai penyebaran covid 19 kita harus tetap stay at home dan mengikuti semua peraturan pemerintah.

    ReplyDelete
  69. Nama:Astiatul Firda
    Kelas:8B

    ya,Pandemic covid 19 merengut kemerdekaan bangasa indonesia karena virus ini kita dibuat takut,sehingga kita tak berani keluar rumah.bisa kemungkinan seluruh masyarakat Indonesia akan tertular.
    Dan para pelajar diharuskan melaksanakan sekolah during/home learning.yang memang untuk melaksanakannya tidak gampang, kadang kala kita tidak paham dengan materi pelajaran yang diberikan.Tetapi Kita tidak boleh menyerah.kita harus tetap semangat dalam menjalankan semua ini.kita harus bersatu dan saling menguatkan.
    kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah.kita bisa belajar dimana pun dan kapanpun.dan tetap jaga kesehatan serta kebersihan dan biasakan cuci tangan serta memakai masker jika berkeperluan untuk keluar rumah.Dan selalu jaga jarak

    ReplyDelete
  70. Nama : Muhammad Daffa Adriana
    Kelas : 8 D

    Belajar dimasa covid-19 memanglah tidak mudah sering kali kita mengalami kesulitan tetapi dengan adanya covid-19 tidak boleh mengurangi rasa semangat kita untuk terus menuntut ilmu,kita masih bisa belajar dengan guru melalui program PJJ(Pembelajaran Jarak Jauh) .

    ReplyDelete
  71. Nur Naflah jiilan Nafiisa
    8J

    Ya,Belajar di masa pandemi ini memanglah tidak gampang,sering kali kita mengalami kesulitan tetapi dengan adanya pamdemi ini kita tidak boleh mengurangi rasa semangat kita, belajar dengan bimbingan guru walaupun jarak jauh,kita tidak boleh menyerah akan keadaan yang seperti ini tetaplah bersemangat,bejar itu dimana saja dan kapan saja jadi belajar dirumah pun tidak jadi halangan kita,dan tetaplah menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  72. Nama:Abidzar Kafabihi
    Kelas:8D
    Ya, pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena sudah menyebar ke berbagai negara dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita untuk berdiam di rumah untuk mengurangi jumlah angka positif, dan kurang memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  73. Nama: Jessicha Kesyah Manuela Mane
    Kelas: 8-D

    ya, menurut saya antara direngut dan tidak direngut sebenarnya. karena kita tidak bisa keluar dengan bebas, bermain dengan bebas, dan kemungkinan anak anak yang mengikuti pjj belum tentu semuanya memiliki handphone atau internet yang baik, kemungkinan juga kita tidak bisa membeli barang online maupun offline dengan leluasa. nct dream cb ot7 aamiin

    Reply

    ReplyDelete
  74. Hanifah Nur Fajriani
    9A

    Pandemi covid-19 ini memang merenggut kemerdekaan dari kita semua. Yangs seharusnya kita berpartisipasi dalam lomba 17 agustus yabg berguna untuk menghargai perjuangan perjuangan pahlawan, kita jadi harus di rumah saja. Menghargai perjuangan pahlawan bisa kita lakukan dirumah dengan cara belajar yang giat guna menjadi generasi yang baik dan mematuhi peraturan pemerintah yang ada. Tetap semangat dan selalu berjuang.

    ReplyDelete
  75. Nama : Irene Noverina Manuela Pardede
    Kelas : 8D
    No.Absen : 9

    Kita tidak boleh langsung menyerah begitu saja, apalagi sekarang lagi ada virus covid-19. Kita harus saling menguatkan maka dengan itu kita sudah menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Jangan saling menyalahkan dan menjatuhkan. Semua yang kita lakukan sekecil apapun akan sangat bermanfaat buat semua.

    SEMANGAT!

    ReplyDelete
  76. Nama:Ruth Uli Abigail
    Kelas:8D
    Ya,pandemic covid-19 merenggut kemerdekaan karena kita tidak bebas untuk pergi kemana mana,pokonya harus jaga jarak sm orang lain.Namun walaupun hanya di rumah saja kita tidak boleh lelah. Walaupun sekarang kita belajar secara daring tapi kita harus tetap semangat.

    ReplyDelete
  77. Sarah julianingsih
    8j

    Ya, belajar dimasa pandemi ini tidak gampang,sering sekali kami mengalami kesulitan tetapi adanya pandemi ini kita tidak boleh menggurui rasa semangat kita, oleh karena itu kita untuk berdiam dirumah untuk mengurangi jumlah angka positif, tetaplah menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  78. Nama:Daffa Kamal Adisya
    Kelas:8D

    Ya, virus covid-19 telah merengut kemerdakaan kita diakibatkan oleh penyakitnya yg mudah tertular sehingga kegiatan apapun tidak bisa tatap muka, tetapi kita juga harus tetap mengikuti aturan pemerintah karena jika tidak bukan cuma kita yg tertular tp juga orang lain dan juga harus sering cuci tangan juga jaga kebersihan diri.

    ReplyDelete
  79. Syafira Amalia Indrajaya
    8-H
    34

    Iya , karna menurut saya dalam adanya covid-19 ini saya jadi melakukan segala hal dirumah ditambah lagi pemerintah melarang kita untuk bertemu dengan orang terdekat atau pun yang tidak dekat , namun saya sadar pemerintah melakukan itu untuk nasib anak-anak bangsa yang akan meneriskan kapal indonesia , yang menjadikan indonesia negara yang maju serta makmur. Dalam prinsip saya walaupun sekarang pandemi covid-19 sedang melanda kita ini , kita tetap harus memperjuangkan indonesia dulu pahlawan kita memenangkan kemerdekaan indonesia dengan berperang dan menjadikan negara kita yang sekarang ini merdeka , kalau pinsip saya saya akan memajukan indonesia dengan cara belajar dan belajar agar indonesia semakun menjadi ahli dalam keahlian ilmu pembelajaran atau PENDIDIKAN .


    ReplyDelete
  80. Nama ; igraldo kaifa murbi
    Kls:9E
    Absen:14

    Kita sebagai generasi penerus bangsa harus meneruskan perjuangan pehlawan yaitu dengan belajar dengan giat serta ikut. Dalam acara upacara bendera merah putih dan serta menghargai jasa para pahlawan kalo tidak negara ini tidak akan merdeka oleh karena itu kita harus mengerti apa itu ikatan yang sebenarnya agar kita tau dan mengarti bhineka tunggal ika karena mengerti perasaan orang lain sangat penting

    ReplyDelete
  81. Nama:nayla
    Kelas:8J
    ita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  82. Nama:muhammad shandi pratama
    Kelas:7g
    Kita sebagai generasi penerus haru meneruskan perjuangan pahlawan yaitu dengan belajardengan giatserta ikut dalam upacara bendera merah putih

    ReplyDelete
  83. Nama : Reyfan Amirul Iswandi
    Kelas:8J
    No.absen:25

    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
  84. Zahirah ayu syafiqah
    Viiib
    Absen 33

    Karna covid-19 sekolah dirumah saja dan membuat para murid kesusahan untuk belajar karna materi yang disampai kan guru tidak masuk, oleh karna itu kita tidak boleh menyerah untuk tetap belajr dan menggapai ilmu saat bljr, dan kita juga harus tetap menjaga kesehatan dirumah maupun saat di luar rumah

    ReplyDelete

  85. Nama:Yovie widianto Pamungkas
    Kls:9i
    Absen:36



    Menurut saya Pada peringatan 75 tahun kemerdekaan tahun ini, Indonesia tengah berjuang melawan pandemi virus corona yang juga melanda seluruh dunia.

    Guna mencegah penyebaran Covid-19, Kementerian Sekretariat Negara mengeluarkan surat bernomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 terkait Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

    Dalam surat tersebut, tertulis ada sejumlah perbedaan peringatan HUT ke-75 RI dengan tahun sebelumnya, termasuk upacara memperingati Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta.

    ReplyDelete
  86. Tiara Usman
    VIII D


    Ya, karena adanya pandemic Covid-19 kebebasan kita terbelenggu. Kebebasan dalam bertatap muka, kebebasan untuk berkumpul bersama dengan teman semua terbelenggu karena pandemic Covid-19 dan karena adanya pandemic Covid-19 banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan bangsa. kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan. Saat ini kita harus tetap berjuang melawan segala hal yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur.

    ReplyDelete

  87. Nama Diana Alifia Ramadhan
    Kelas VIII-J
    Absen 7


    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan dan kebersihan mu dengan semangat ini kita pasti bisa menghadapi nya

    ReplyDelete

  88. Nama : Alifa desuwita pramono
    kelas : 8b


    virus corona telah merebut kemerdekaan kita, yang telah kita perjuangkan selama ini kita tetap harus menghadapi ini walaupun di rumah aja

    ReplyDelete
  89. Nama=Nasya Regita Cahyani
    kelas=8D

    Ya, pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena sudah menyebar ke berbagai negara dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita untuk berdiam di rumah untuk mengurangi jumlah angka positif,tetap terus aktif, dan mencoba memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  90. Nama=Nasya Regita Cahyani
    kelas=8D

    Ya, pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena sudah menyebar ke berbagai negara dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita untuk berdiam di rumah untuk mengurangi jumlah angka positif,tetap terus aktif, dan mencoba memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  91. Nama :Sinta Nuramadhani Oktavianna
    Kelas:8b
    Absen:30
    Ya,pandemi covid ini merenggut kemerdekaan(kebebasan) dalam belajar dan melakukan kegiatan di luar. Sekolah yang dilakukan secara online menghalangkan kebebasan kita untuk belajar.Namun kita harus tetap menjalankan kewajiban kita dengan mengambil sisi positif dari belajar di rumah.dengan belajar di rumah kita memiliki banyak waktu untuk lebih mandalami pelajaran dan mempelajari keahlian yang baru.Jadi untuk saat ini,mengikuti peraturan pemerintah untuk menjaga kesehatan dan tetap di rumah adalah pilihan terbaik.

    ReplyDelete
  92. Nama: Selfi Aulia Oktaviani
    Kelas: 8H

    Iya,Belajar di masa covid-19 memanglah tidak mudah,sering kali kita mengalami kesulitan tetapi dengan adanya covid-19 tidak boleh mengurangi rasa semangat kita untuk terus menuntut ilmu,belajar dengan bimbingan guru walaupun jarak jauh,kita tidak bisa bertatap muka secara langusung dengan guru-guru dan bertanya secara langsung,kita tidak memiliki kebebasan sepenuhnya karena covid-19 ini,kita tidak boleh menyerah akan keadaan yang seperti ini tetaplah bersemangat,bejar itu dimana saja dan kapan saja jadi belajar dirumah pun tidak jadi halangan kita,dan tetaplah jaga kesehatan dan kebersihan walah dirumah saja,ingat kelak kita adalah penerus bangsa masa depan bangsa Indonesia ada di tangan kita.

    ReplyDelete
  93. Nama : Mega Maharani Tanjung
    Kelas: 8h

    Ya, pandemic covid 19 merengut kemerdekaan indonesia karena corona atau yang disebut dengan covid 19 ini sudah menyebar ke berbagai negara atau daerah dan sudah banyak orang yang terkena penyakit tersebut, oleh karena itu kita stay at home untuk mengurangi jumlah penduduk atau orang, itu membuat kita bermalas malasan dirumah, dan kurang memahami pelajaran yang diberikan oleh guru masing masing.

    ReplyDelete
  94. Nama: Nasywa Putri Awaliyah
    Kelas:8d
    Kita tidak boleh menyerah dalam kemerdekaan dan segi apapun, apa lagi sekarang sudah ada virus yg mematikan yaitu virus covid-19, kita tidak bisa belajar sekolah dengan bertatap muka, dan kebebasan kita di rengut oleh virus covid-19 yg mematikan, kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan

    Reply

    ReplyDelete
  95. NAMA::ADRIAN RADJA GRIVALDO
    KELAS::8D
    Iya.
    Pada pandemi ini kita di anjurkan oleh Pemerintah untuk sekolah online/PJJ. Akan tetapi, beberapa anak tidak bisa menimba ilmu jika semua nya serba onlen, materi yang di sampaikan guru jadi kurang paham. Sementara itu, sebagian anak bahkan lebih senang bersekolah online.
    Covid-19 juga sudah menyerang banyak masyarakat Indonesia. Jadi, untuk saat ini, semua bentuk peraturan Pemerintahan adalah yang terbaik untuk semua.

    ReplyDelete
  96. Nama galih haryono
    Kls 8b
    Nomer absen 12
    Di tengah wabah copid 19 kebebasan untuk bertatap muka dgn guru dengan teman sudah terbelenggu karena pemerintah menganjurkan sekolah dgn daring.semua aktivitas di lakukan di rumah.untuk berjuang melawan covid-19 jika saling menguatkan maka kita sudah menjadi bangsa merdeka dan bersatu jangan saling menyalakan dan menjatuhkan semua yg kita lakukan sekecil apapun akan sangat bermanfaat buat semua

    Reply

    ReplyDelete
  97. Nama: Muhammad Luthfi Zuhayr
    Kelas : 8b
    Absen: 19

    Iya.
    Pada pandemi ini kita di anjurkan oleh Pemerintah untuk sekolah online/PJJ. Akan tetapi, beberapa anak tidak bisa menimba ilmu jika semua nya selalu online, materi yang di sampaikan guru jadi kurang dimengerti oleh murid murid, Sementara itu, sebagian anak bahkan lebih senang bersekolah online.
    Covid-19 juga sudah menyerang banyak masyarakat Indonesia. Jadi, untuk saat ini, semua bentuk peraturan Pemerintahan adalah yang terbaik untuk semua.

    ReplyDelete
  98. Meisy Amalia Pohan (20)
    8I

    ya,
    covid19 merengut kemerdekaan bangasa indonesia karena virus ini sangat berbahaya yang bisa seluruh warga indonesia akan tertularnya virus ini.dan sejumlah warga sekitar akan resah karena tidak bisa jauh kemana,tidak bisa salam-salaman dan sebagainya..
    Dan siswa yang harus melaksanakan sekolah during/home learning.
    Tetapi Kita tidak boleh menyerah kemerdekaan dan segi apapun.
    kita tidak boleh menyerah dalam belajar di rumah kita harus semangat belajar di rumah,dan tetap jaga kesehatan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberikan komentar dan masukan

Back Home Pasien Covid

Good bye Wisma Atlet Hari ke-14 di Wisma Atlet "Menunggu Surat" Senin, 4 Januari 2021 Ini hari ke-14 di Wisma Atlet. Katanya kami ...