Tuesday, May 23, 2017

Abstrak Sikap Positif Berbahasa



SIKAP POSITIF BERBAHASA INDONESIA DENGAN REL 15
MELALUI UKBI

Seni Asiati
SMP Negeri 266 Jakarta

ABSTRAK

Sikap positif berbahasa Indonesia tidak hanya dari penggunaan bahasa Indonesia tetapi bagaimana mampu mengolah informasi dalam kesantunan berbahasa. Pencanangan Gerakan Literasi Sekolah, merupakan momentum untuk meningkatkan sikap positif berbahasa Indonesia.
Literasi bukan milik guru bahasa Indonesia seperti halnya sikap positif berbahasa Indonesia. Warga sekolah  harus memahami sikap positif berbahasa Indonesia agar menjadi warga sekolah yang literat. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dapat menjadi kegiatan untuk menumbuhkembangkan sikap positif berbahasa Indonesia.
Tulisan ini berfokus pada: (1) peningkatan sikap positif berbahasa warga sekolah, (2) UKBI guru dan siswa meningkatkan sikap positif berbahasa Indonesia, dan (3) menempatkan siswa sebagai Relawan Literasi 15 menit sebagai model kesantunan berbahasa. Masalah yang akan dikaji oleh peneliti yaitu terkait sikap positif warga sekolah sebagai perwujudan kesantunan berbahasa dan pendidikan karakter.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara menggunakan instrumen pengumpul data yaitu;  kuesioner, wawancara, dan hasil UKBI, tes diframing dengan beberapa pilihan kata yag memiliki kecenderungan sikap positif berbahasa. Peningkatan diitinjau dari hasil UKBI siswa dan guru. Guru dapat menyampaikan bahasa dengan benar dan tahu bersikap positif berbahasa. Siswa santun berbahasa Indonesia dan pembentukan karakter.


Kata kunci: sikap positif, relawan literasi, UKBI

1 comment:

  1. Semoga menjadi guru dan teladan bagi orang banyak ya bu...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberikan komentar dan masukan

Back Home Pasien Covid

Good bye Wisma Atlet Hari ke-14 di Wisma Atlet "Menunggu Surat" Senin, 4 Januari 2021 Ini hari ke-14 di Wisma Atlet. Katanya kami ...